web analytics
  

Jangan Buang! Manfaatkan Ponsel Jadul Jadi 6 Hal Ini

Selasa, 17 Maret 2020 13:48 WIB
Umum - Unik, Jangan Buang! Manfaatkan Ponsel Jadul Jadi 6 Hal Ini, cara Manfaatkan Ponsel Jadul, smartphone, ponsel jadul,

[Ilustrasi] Ponsel jadul. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika masih ada ponsel lama yang disimpan di rumah, lebih baik dimanfaatkan untuk berbagai hal daripada membuangnya.

Bagaimanapun, ponsel pintar adalah komputer kecil yang memiliki banyak fasilitas, layaknya ruang penyimpanan dan kamera.

Berikut beberapa cara agar ponsel jadul lebih bermanfaat, dikutip laman CNET, Selasa (17/3/2020).

1. Hyperkin

Ubah Android lama menjadi Nintendo Game Boy. Dibutuhkan ponsel Android yang kompatibel dan perangkat seluler smartkin hyperkin. Untuk dapat bermain gim, Anda harus memiliki kartrid Game Boy atau dapat memainkan aplikasi Game Boy Advance.

2. Remote

Gunakan Android sebagai remote universal untuk dapat mengontrol semua perangkat dari satu remote. Unduh aplikasi kendali jarak jauh, seperti iRule dan kemudian selaraskan ponsel ke perangkat termasuk Xbox One, Roku, dan Apple TV.

3. Speaker

Mengubah kembali ponsel Android menjadi Google Home smart speaker sederhana dan tidak memerlukan unduhan aplikasi juga bisa menjadi pilihan menarik. Pastikan ponsel diperbarui ke OS Android terbaru sehingga Anda memiliki "OK, Google."

Selanjutnya, Anda harus menemukan speaker Bluetooth untuk memasangkan ponsel. Pastikan kedua perangkat tetap terhubung dan hidup setiap saat. Anda akan siap untuk memberikan perintah Google dalam waktu singkat.

4. Kamera keamanan rumah

Unduh aplikasi kamera keamanan, seperti Alfred (juga dapat digunakan dengan iPhone) untuk memulai. Periksa rumah saat Anda sedang bekerja untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Tempatkan ponsel di ruang utama rumah di tempat di mana Anda memiliki pandangan terbaik.

5. Monitor bayi

Alih-alih berlari ke kamar anak setiap kali mendengar tangisan atau suara aneh, periksa untuk melihat apakah bayi Anda baik-baik saja dengan mengubah ponsel lama Anda menjadi monitor bayi. Coba instal Skype agar Anda mengetahui apa yang terjadi saat berada di ruangan mana pun dan masih ingin melihat bayi Anda.

6. Mouse nirkabel

Anda dapat mengubah ponsel lama menjadi mouse dalam waktu singkat. Anda harus mengunduh aplikasi, seperti Remote Mouse, untuk melakukannya. Sambungkan ponsel dan desktop ke jaringan Wi-Fi yang sama. Simpan di kasing laptop ketika Anda bepergian dan mampir di kedai kopi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers