web analytics
  

Pilkades Serentak Purwakarta Resmi Ditunda hingga Tahun Depan

Selasa, 17 Maret 2020 09:48 WIB Dede Nurhasanudin

Ilustrasi pilkada serentak 2020. (dok. Ayobandung.com)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Purwakarta resmi batal digelar tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan, diundurnya gelaran pilkades berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyarankan pilkades serentak di Purwakarta digelar pada 2021.

AYO BACA : Purwakarta Keluarkan Manual Guide untuk Siswa Belajar di Rumah

Jaya memastikan akan mengikuti anjuran dari Kemendagri perihal gelaran Pilkades, berdasarkan UU Nomor 06 Tahun 2014 tentang desa dengan mempertimbangkan hal-hal yang diatur dalam Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014.

"Ada 170 desa yang akan ikut pilkades, dengan asumsi 83 desa yang habis masa jabatan pada 2019, ditambah dengan 87 desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini," ujar Jaya, Selasa (17/3/2020).

AYO BACA : Kabid Pariwisata Purwakarta Tidak Bisa Paksa Wisata Swasta Tutup

Ia mengaku saat ini pihaknya tengah menunggu hasil evaluasi peraturan daerah (perda) tentang desa oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Untuk Perdanya dievaluasi dulu, nanti jadi dasar hukum untuk secara keseluruhan tentang pelaksanaan pemerintah desa," kata Jaya.

Meski batal digelar tahun ini, namun pihaknya tetap mempersiapkan Segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak tahun depan. Baik dari sisi mekanisme dan anggaran.

"Memang anggarannya sudah ditetapkan, namun akan kami evaluasi lagi," ujar Jaya.

AYO BACA : Update Covid-19 di Purwakarta: Satu Positif, 40 dalam Pengawasan di Purwakarta

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers