web analytics
  

Jus Tomat Jadi Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Selasa, 17 Maret 2020 08:22 WIB

[Ilustrasi] Jus tomat dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Menurut sebuah penelitian, segelas jus tomat bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi setiap hari.

Dalam jurnal peer-review Food Science & Nutrition, peneliti Jepang dari Universitas Kedokteran Tokyo, dan Lembaga Pemuliaan Tanaman Tucson, mengungkapkan jenis jus tertentu yang dapat menurunkan tekanan darah manusia.

Dilansir dari Healthline, penelitian selama setahun ini melibatkan 481 peserta, dengan usia rata-rata adalah 56 tahun.

AYO BACA : Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dengan Air Rebusan Jahe

Sepanjang percobaan, mereka diberi jus tomat tawar sebanyak yang mereka inginkan.

Para partisipan diminta mencatat berapa banyak mereka minum. Kemudian mengembalikan catatan kepada para peneliti setiap 3 bulan. Tekanan darah mereka diukur sebelum dan sesudah masa studi.

Pada akhir penelitian, para peneliti mengungkapkan, 94 dari peserta, orang-orang yang tidak mengalami prehipertensi atau hipertensi pada awal penelitian melihat penurunan angka tekanan darah mereka.

AYO BACA : Susu Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah sistolik rata-rata (angka teratas) naik dari 141,2 menjadi 137,0 mmHg, dan tekanan darah diastolik rata-rata (angka terbawah) menurun dari 83,3 menjadi 80,9 mmHg.

Hal ini mungkin tidak tampak banyak, tetapi cukup untuk memindahkan tahap hipertensi, menurut American Heart Association. Meski demikian, apakah jus tomat benar-benar menurunkan kolesterol dan tekanan darah diperlukan studi yang lebih luas lagi.

Jus tomat sendiri memang memiliki banyak manfaat yang didukung oleh penelitian selama beberapa dekade.

"Seperti banyak sayuran, jus tomat kaya akan vitamin C dan B, potasium, mineral dan kaya akan antioksidan," kata Dr Nicole Weinberg, ahli jantung di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

AYO BACA : 5 Tanda Gula Darah Tinggi, dari Selalu Haus hingga Mudah Lelah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers