web analytics
  

Manfaat Semangka Dalam Hadis Nabi Muhammad

Senin, 16 Maret 2020 14:04 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Semangka Dalam Hadis Nabi Muhammad, kesehatan, semangka, buah-buahan, manfaat semangka, nasional

Ilustrasi (republika)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At Timrdizi, Nabi Muhammad SAW pernah makan semangka yang dicampur dengan ruthab (kurma matang yang masih basah). Beliau SAW bersabda: "Panas di  buah ini dinetralisir oleh unsur dingin di buah ini."

AYO BACA : Tanpa Komando Nasional, Pengumuman Jokowi soal Pengendalian Corona Dianggap Lambat

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam kitabnya yang berjudul Ath Thibb An Nabawi menjelaskan, hadist mengenai Nabi memakan semangka dan ruthab ini ada beberapa. Namun, yang shahih hanya hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi saja.

AYO BACA : Calon Jamaah Haji Garut Dibekali Cara Agar Terhindar Virus Covid-19

Mengenai makannya, Ibnu Qayyim menyarankan buah ini dikonsumsi sebelum makan. Sebagian kalangan medis menyatakan, "Bila dikonsumsi sebelum makan dapat mencuci perut dan menghilangkan penyakit dalam lambung."

Sementara, dilansir dari Boldsky, disebutkan sejumlah manfaat lainnya dari semangka untuk anak-anak. Untuk anak usia di atas dua tahun, buah ini sangat membantu untuk menjaga keseimbangan air. Teruutama selama musim panas, anak dapat terhindar dari dehidrasi.

Semangka juga mengandung betakaroten dan vitamin A. Anak cenderung membutuhkan vitamin ini untuk kesehatan kulit, penglihatan dan gigi. Nutrisi pada semangka dapat mencegah gangguan penglihatan, masalah jantung dan beberapa masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Kemudian anak juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan magnesium demi pertumbuhan otot dan fungsi saraf. Semangka menawarkan kedua manfaat tersebut.
   
Semangka juga mengandung vitamin B6, niasin, riboflavin dan tiamin. Vitamin ini diperlukan dalam tahap berkembang. Selanjutnya, semangka kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik terutama untuk anak-anak.

AYO BACA : Wujudkan Mimpi Konsumen, Perusahaan Ini Hadirkan Program THR untuk Teman Sehati

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers