web analytics
  

Garage 81, Sensasi Ngopi di Basis Militer

Minggu, 15 Maret 2020 20:14 WIB Dadi Haryadi

Garage 81. (Ayobandung.com/Ilham Sigit)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kopi tengah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat semua kalangan di Indonesia, tak terkecuali kalangan aparat penegak hukum. Hal itulah yang mendorong Persatuan Ikatan Alumni Akabri 81 (Piala 81) untuk mendirikan tempat ‘ngopi’ sebagai wadah untuk menjaga tali silaturahmi sesama anggota.

Sebuah kafe bernama Garage 81 yang terletak di Baros, Cimahi awalnya merupakan wadah berkumpul rutin bagi para anggota Piala 81. Kemudian, muncul ide untuk mentransformasi tempat tersebut menjadi kafe dengan harga terjangkau bagi semua kalangan.

Tak hanya harganya yang terjangkau, kafe yang didirikan pada Juli 2018 tersebut juga menyajikan keunikan tersendiri dengan arsitektur ala militernya. Jika anda naik ke lantai dua kafe tersebut, anda akan disambut dengan arsitektur ala basis tentara.

Atap berbahan asbes dan tirai ala militer menambah kesan militer pada bangunan kafe tersebut. Lokasinya yang berada di kawasan militer juga merupakan unsur yang mendukung konsep tersebut.

“Di wilayah ini juga kan banyak pepohonan yang besar-besar. Jadi kami juga mempertimbangkan hal tersebut mengingat kawasan hijau di kota besar seperti Bandung dan Cimahi sudah mulai jarang," kata Siska selaku pengelola Garage 81 saat ditemui di kafe tersebut, Minggu (15/3/2020).

Menurut Siska, hal tersebut dapat menjadi hal yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung.

Siska pun tidak begitu saja ditunjuk sebagai pengelola. Dia mengaku bahwa pengalamannya di bidang kuliner lah yang menjadikannya mendapat kepercayaan dari pihak Piala 81. “Sebelum mengelola kafe ini, saya memang bekerja sebagai pengelola jasa penyedia catering untuk acara-acara besar,” ujarnya.

Tak heran, kafe tersebut pun tak hanya menyajikan kopi saja. Garage 81 menyediakan berbagai makanan lain yang bernuansa masakan nusantara. “Menu Hot Pot Rice kami cukup diminati. Kami juga sedang menyiapkan menu baru untuk kafe ini, yakni nasi gepuk,” ucapnya.

Sementara itu, Rafita Mei (21) yang sudah beberapa kali datang ke Garage 81 untuk bersantai bersama pacarnya mengaku puas dengan fasilitas dan pelayanan kafe tersebut. “Wifinya tuh kenceng, terus banyak colokan juga. Itu yang menurut aku penting, Kemudian, parkirannya luas, toiletnya juga bersih,” ujar wanita yang berstatus sebagai mahasiswa tersebut.

Selain itu, Mei juga berpendapat bahwa pelayanan yang diberikan cukup ramah dan memuaskan. Penyajiannya yang cepat membuat dirinya tak bosan meski sudah berkali-kali ke kafe tersebut.

Bisnis kafe dan kedai kopi tengah menjamur di Indonesia. Tak heran konsumsi kopi di Indonesia sangat tinggi. Sebagaimana dilansir Katadata, International Coffee Oranization (IOC) merilis laporan yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi kopi tertinggi di dunia. Pasalnya, per periode 2016/2017, konsumsi kopi di Indonesia mencapai 4,6 juta kemasan, berada di urutan enam daftar negara dengan konsumsi tertinggi di dunia. (Ilham Sigit)

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers