web analytics
  

KPU Kabupaten Bandung Diminta Batalkan Berita Acara BA.1-KWK

Minggu, 15 Maret 2020 11:30 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, KPU Kabupaten Bandung Diminta Batalkan Berita Acara BA.1-KWK, gun gun gunawan, sahrul gunawan, wakil bupati bandung, pilkada kabupaten bandung, kader partisipatif pemilu, kader pengawas pemilu, bawaslu kabupaten bandung, dadang naser, kpu  kabupaten bandung,

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung diminta membatalkan berita acara BA.1-KWK tentang hasil pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan.

Hal tersebut sesuai dengan hasil putusan penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bandung 2020, Sabtu (14/3/2020).

AYO BACA : Polresta Bandung Deteksi 10 Hoaks Terkait Pilkada Bandung

"Majelis sidang mengabulkan tunturan dari Pemohon sengketa atas nama pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati," tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin.

Majelis Hakim dalam sidang, memerintahkan agar KPU membatalkan berita acara BA.1-KWK karena berdasarkan pertimbangan tidak sesuai dengan PKPU no 18/2019 dan Surat Keputusan KPU no 82/2020.

AYO BACA : Pilkada Serentak, Desa Harus Jadi Pionir Perangi Politik Uang

Di dalam aturan tersebut, BA.1-KWK dikeluarkan oleh KPU apabila syarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan telah diterima dan diperiksa oleh KPU baik jumlah dukungan maupun sebarannya.

Namun, sesuai dengan fakta persidangan, syarat dukungan pasangan calon perseorangan atas nama Lili Muslihat-Wida Hendrawati tidak pernah diterima dan diperiksa oleh KPU Kabupaten Bandung. Sehingga, seharusnya KPU Kabupaten Bandung tidak harus mengeluarkan berita acara BA.1-KWK.

"Putusan tersebut dilaksanakan paling lambat 3 hari kerja sejak putusan dibacakan," tutup Januar.

AYO BACA : PKB Belum Tentukan Sikap Politik di Pilkada Bandung

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers