web analytics
  

7 Bahan Alami Ini Ampuh Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Perut, dan Kepala

Sabtu, 14 Maret 2020 08:59 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 7 Bahan Alami Ini Ampuh Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Perut, dan Kepala, 7 Bahan Alami, Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Perut, dan Kepala

Ilustrasi jahe. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sakit tenggorokan, sakit perut, dan sakit kepala adalah penyakit umum yang kerap dihadapi oleh banyak orang. 

Sebelum menggunakan obat-obatan, Anda bisa  mencoba beberapa bahan rumahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Sebab, bahan-bahan alami biasanya  dapat efektif tidak hanya untuk mengobati, tetapi juga memberi manfaat kesehatan lain yang luar biasa. 

Melansir dari Doctor.ndtv, berikut tujuh bahan alami yang efektif untuk sembuhkan sakit tenggorokan, sakit perut dan sakit kepala:

1. Kumur dengan air garam
\nTambahkan sejumput garam dalam air hangat, dan berkumurlah beberapa kali dalam sehari ketika Anda sakit tenggorokan. Ini adalah salah satu obat rumahan yang efektif yang akan memberi Anda hasil positif. Pastikan airnya tidak terlalu panas dan jangan menelan air sambil berkumur.

2. Nanas
\nNanas mengandung bromelain yang bersifat antiinflamasi. Kandungan tersebut bisa menjadi efektif guna meredakan sakit tenggorokan. Kunyah buah nanas kapan pun saat sakit tenggorokan melanda. 

AYO BACA : Solo KLB Virus Corona, Sekolah Libur 2 Minggu

3. Air jahe
\nAmbil sepotong jahe (1 inci lebih disukai), kupas, tumbuk lalu rebus dengan air. Air jahe dapat membantu menenangkan perut yang sakit. Jahe juga baik untuk mengobati mual.

4. Teh chamomile
\nTeh chamomile bebas dari kafein dan dapat menjadi obat rumahan yang efektif untuk atasi sakit perut. 

5. Teh Daun Mint
\nDaun mint pada umumnya digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan. Seperti chamomile, teh daun mint juga mudah ditemukab dan dapat digunakan sebagai obat  untuk sakit perut. Teh ini juga bisa membantu Anda menghilangkan rasa mual.

6. Lavender
\nAnda bisa merebus daun lavender dalam air dan minum teh lavender untuk mengurangi sakit kepala. Selain itu, minyak lavender juga dapat dioleskan ke pelipis dan Anda juga bisa menghirup minyak lavender untuk mengurangi sakit kepala.

Lavender pun dapat digunakan sebagai diffuser untuk menghilangkan sakit kepala secara efektif.

7. Es batu
\nAmbil es batu, pegang dengan bantuan kain atau sapu tangan dan gosokkan ke seluruh wajah sampai es batu mencair. Cara ini dapat membantu meredakan sakit kepala yang Anda alami. 

Editor: Andres Fatubun
dewanpers