web analytics
  

Ingin Diet Berhasil dan Sehat, Lakukan 4 Hal Ini di Akhir Pekan

Jumat, 13 Maret 2020 11:26 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ingin Diet Berhasil dan Sehat, Lakukan 4 Hal Ini di Akhir Pekan, Diet cepat, tips diet, cara diet, gaya hidup Sehat, Akhir Pekan,

[Ilustrasi] Bersosialisasi saat akhir pekan bisa membuat seseorang lebih sehat. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sejumlah kebiasaan buruk di akhir pekan membuat berat badan seseorang meningkat. Hal ini menjadikan program diet gagal.

Jika ingin diet berhasil, jangan lakukan 4 hal ini saat akhir pekan, sebagaimana dilansir dari Live Science:

1. Tidak Tidur Berlebihan

Pada Sabtu pagi, mungkin Anda ingin berbaring di tempat tidur lebih lama. Namun sebaiknya hindari hal itu jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), tidur di akhir pekan dapat membuang jam internal tubuh atau ritme sirkadian. Hal ini bisa membuat Anda lebih sulit tertidur pada waktu tidur yang biasa dan sulit bangun pada waktu biasa Anda bangun.

NSF tidak menyarankan memiliki waktu tambahan tidur lebih dari satu jam di akhir pekan.

2. Berolahraga

Jika hari kerja Anda terlalu sibuk untuk berolahraga, Anda dapat melakukannya di akhir pekan. Jangan biarkan akhir pekan berlalu begitu saja.

Dalam studi yang dilansir dari Live Science, orang yang berolahraga satu atau dua hari dalam seminggu, risiko kematian dininya lebih rendah daripada orang yang tidak berolahraga.

3. Bersosialisasi

Menurut hasil penelitian 2005 yang dilakukan oleh psikolog di Jerman, bertemu dengan teman di akhir pekan baik untuk kesehatan dan membantu kinerja pekerjaan selama minggu kerja.

Dalam studi itu, para peneliti menyurvei 87 karyawan dari perusahaan layanan medis darurat yang membantu merawat orang selama keadaan darurat (seperti kecelakaan mobil) dan membawa mereka ke rumah sakit.

Para peserta menjawab berbagai pertanyaan tentang kegiatan akhir pekan mereka, kesehatan mereka, dan kinerja mereka setelah akhir pekan. Hasil menunjukkan orang-orang yang terlibat dalam lebih banyak kegiatan sosial selama akhir pekan melaporkan kesehatan keseluruhan yang lebih baik setelah akhir pekan, dibandingkan dengan mereka yang sedikit terlibat dalam kegiatan sosial.

Aktivitas sosial selama akhir pekan juga dikaitkan dengan lebih banyak keterlibatan di tempat kerja dan kinerja pekerjaan yang lebih baik pada awal minggu kerja.

"Tampaknya menghabiskan waktu dengan orang-orang penting lainnya membangun kembali sumber daya [fisik dan emosional] yang terbayar setelah akhir pekan," tulis para peneliti.

Temuan ini mendukung penelitian yang menunjukkan menghabiskan waktu bersama orang lain dapat menjadi salah satu cara pulih dari tuntutan pekerjaan.

4. Kendalikan kalori

Beberapa penelitian telah menemukan orang Amerika makan lebih banyak pada akhir pekan. Namun, kesenangan akhir pekan ini dapat menambah berat badan.

Dalam sebuah penelitian pada 2008, 50 orang dewasa AS menimbang diri mereka sendiri setiap hari selama 2 hingga 4 minggu. Kemudian mereka terus menimbang diri secara berkala selama setahun selagi mereka mencoba program penurunan berat badan.

Selain itu, mereka melacak makanan yang dimakan sehingga para peneliti dapat memperkirakan asupan kalori mereka.

Studi ini menemukan sebelum mereka memulai program penurunan berat badan, asupan makanan peserta tertinggi pada Sabtu. Mereka mengonsumsi sekitar 240 kalori lebih banyak pada Sabtu, dibandingkan dengan hari kerja rata-rata.

Terlebih lagi, data dari penimbangan mereka menunjukkan mereka menambah sedikit berat badan selama akhir pekan. Rata-rata, mereka berbobot 0,13 pon (0,06 kilogram) lebih banyak per hari selama akhir pekan, daripada yang mereka lakukan pada hari kerja. Selama program penurunan berat badan mereka, peserta berhenti menurunkan berat badan pada akhir pekan.

"Hasil kami menunjukkan efek buruk perilaku gaya hidup akhir pekan pada berat badan harian, dan menunjukkan asupan makanan yang lebih tinggi pada akhir pekan adalah kontributor terbesar untuk kenaikan berat badan akhir pekan atau penghentian penurunan berat badan," kata para peneliti.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers