web analytics
  

Polda Jabar Amankan Ratusan Kendaran Bermotor dari 3 Gudang di Bandung

Kamis, 12 Maret 2020 15:46 WIB Vina Elvira

Ratusan kendaraan bermotor yang telah disita Direktorat Reserse Krimsus Polda Jabar di Mapolda Jabar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (12/3/2020). (Ayobandung.com/Vina Elvira)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jabar berhasil mengamankan sebanyak 324 unit sepeda motor dan enam unit mobil dari tiga buah gudang di Kota Bandung.

Ratusan unit kendaraan tersebut diamankan atas dasar dugaan tindak pidana pemberi fidusia yang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan benda yang menjadi objek jaminan fidusia, tanpa seizin dan persetujuan tertulis dahulu dari penerima fidusia. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, kasus bermula pada saat pelapor, Herdis Mulyadi dari PT Mitsui Leasing Capital Indonesia melaporkan LM, yang diduga telah melakukan tindak pidana fidusia. 

AYO BACA : Terlibat Narkoba hingga Perselingkuhan, 10 Anggota Polda Jabar Dipecat

“Dari laporan ini, penyidik menidaklanjuti dan menemukan barang bukti keseluruhan dari tiga gudang yang berada di Komplek Cibolerang Indah Marga Jaya II,” ujarnya pada konferensi pers di Mapolda Jabar, Kamis (12/3/2020). 

Pada gudang pertama, penyidik mengamankan sebanyak enam unit mobil dan 104 sepeda motor. Di gudang kedua, penyidik berhasil mengamankan sebanyak 103 motor, dan pada gudang terakhir sebanyak 116 motor. Dengan total keseluruhan yang diamankan berjumlah emam unit mobil dan 324 sepeda motor. 

Wadirkrimsus Polda Jabar AKBP Febriansyah menambahkan, dalam kasus ini polisi mengamankan tiga orang tersangka, yakni LM, KS, dan W. 

AYO BACA : Polda dan Dinkes Jabar Sidak Ketersediaan Masker di Supermarket

LM berperan sebagai pemberi fidusia, telah mengalihkan objek jaminan berupa mobil kepada W yang merupakan anaknya. Kemudian, W menggadaikan kendaraan tersebut kepasa KS senilai Rp25 juta. Lalu, ks mengalihkan objek fidusia tersebut kepada D yang beralamat di Kabupaten Cianjur. 

“Dari KS ini ditemukan banyak mobil dan motor berbagai merek yang diduga hasil tindak pidana fidusia di gudang satu. Kemudian, penyidik mengembangkan ke gudang dua dan gudang tiga,” katanya.

Ratusan kendaraan tersebut, terang Febriansyah, merupakan objek jaminan fidusia dari hasil penggadaian yang dilakukan oleh para nasabah leasing.

”Misalkan ada nasabah A mengambil motor atau mobil secara kredit. Kemudian dalam perjalanannya digadaikan kepada KS ini tanpa sepengetahuan pihak leasing,” tutur Febriansyah.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga tersangka dijerat oleh Pasal 36 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, serta Pasal 372 KUHP dan Pasal 480 KUHP.

AYO BACA : Polda Jabar Siap Tindak Penimbun Masker

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers