web analytics
  

Konsumsi Suplemen Setiap Hari, Apakah Berbahaya?

Kamis, 12 Maret 2020 11:01 WIB

[Ilustrasi] Suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Apakah berbahaya mengonsumsi suplemen seperti vitamin C setiap untuk meningkatkan imun? Pertanyaan itu mungkin pernah ada di benak Anda. Lalu, apa jawabannya?

Imunitas tubuh pada dasarnya dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya pemenuhan kebutuhan gizi yang baik melalui makanan.

Sayangnya, pola konsumsi masyarakat Indonesia yang minim sayur dan buah membuat banyak orang berisiko kekurangan asupan vitamin dan mineral.

Bila kebutuhan vitamin dan mineral tak tercukupi melalui makanan, suplemen bisa dikonsumsi untuk menutupi kekurangan tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi suplemen secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar konsumsi suplemen secara rutin tetap aman bagi kesehatan. Berikut ke-4 hal tersebut seperti diungkapkan Medical Manager Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk dr Helmin Agustina Silalahi.

1. Kandungan Suplemen

AYO BACA : 4 Tip Sederhana Agar Diet Anda Tidak Lagi Gagal

Suplemen-suplemen yang bisa dibeli bebas di pasaran memiliki kandungan yang beragam. Sebagian mungkin hanya mengandung vitamin atau mineral yang juga ditemukan dalam makanan sehari-hari.

Vitamin dan mineral pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh setiap hari untuk proses metabolisme. Oleh karena itu, suplemen-suplemen seperti ini bisa dikonsumsi setiap hari.

"Sampai kapan pun akan tetap dibutuhkan tubuh," ungkapnya, dikutip dari Republika.co.id.

Akan tetapi, ada suplemen yang mengandung bahan-bahan yang tidak ditemukan pada makanan sehari-hari dan tidak dibutuhkan secara langsung untuk metabolisme. Salah satunya adalah suplemen kinase.

"Itu ada pembatasan," tutur Helmin.

2. Sesuai Dosis

AYO BACA : Ingin Diet Berhasil? Jangan Percaya 5 ‘Mitos’ Ini

Suplemen baik untuk memenuhi kekurangan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh selama dikonsumsi sesuai dosis. Suplemen yang bisa dikonsumsi setiap hari juga harus digunakan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

"Baca. Harus dosisnya berapa, jangan berlebihan," ujar Helmin.

3. Perhatikan Kebutuhan

Tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap konsumsi suplemen. Beberapa hal yang memengaruhi perbedaan ini adalah jenis kelamin. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor-faktor ini saat memilih suplemen untuk dikonsumsi.

4. Hati-Hati Bila Sakit

Orang yang sehat umumnya bisa mengonsumsi suplemen-suplemen yang ada di pasaran. Akan tetapi, orang-orang yang menderita penyakit tertentu seperti penyakit kronis sebaiknya lebih berhati-hati.

Helmin menyarankan agar orang-orang dengan masalah kesehatan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum memutuskan ingin mengonsumsi suatu suplemen.

"Misalnya dia awalnya sudah sakit ginjal atau apa, dia minum (suplemen) sembarangan, itu baru bahaya," ujarnya.

AYO BACA : 5 Makanan Alami yang Bikin Diet Terasa Enak dan Nikmat

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers