web analytics
  

[Bandung Pisan] Kelurahan Sekeloa Siap Luncurkan Layanan Berbasis Internet

Kamis, 12 Maret 2020 07:58 WIB Vina Elvira
Bandung Raya - Bandung, [Bandung Pisan] Kelurahan Sekeloa Siap Luncurkan Layanan Berbasis Internet, Kelurahan sekeloa, layanan digital, bandung pisan, berita bandung, bandung hari ini, ayobandung

Lurah Sekeloa Tirta Gumelar. (Ayobandung.com/Vina Elvira)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Demi memudahkan para warganya mengakses pelayanan administrasi, Kelurahan Sekeloa di Kecamatan Coblong, Kota Bandung, akan  meluncurkan sebuah aplikasi pelayanan berbasis internet bagi warganya. 

Lurah Sekeloa Tirta Gumelar mengungkapkan, aplikasi pelayanan berbasis internet ini dibuat atas dasar kondisi warganya yang tidak selalu bisa pergi ke kantor kelurahan. Mengingat, banyak dari warga Sekeloa yang merupakan seorang pegawai atau pengusaha.

Oleh karena itu, dicetuskanlah aplikasi tersebut guna memudahkan warganya mengakses pelayanan. 

Hal tersebut diungkapkan Tirta saat dijumpai Ayobandung.com di Kantor Kelurahan Sekeloa, Selasa (10/3/2020) 

Pada mulanya, tambah Tirta, dia terinspirasi dari proses administrasi yang dilakukan pada saat pemukaan CPNS. Dari situlah dia memiliki ide untuk membuat aplikasi tersebut. 

"Saya terinspirasi dari kemarin pada saat tes CPNS. Itu kan upload dokumen. Dokumen sudah selesai diverifikasi, nanti ketika yang tes CPNS itu datang mereka tinggal bawa berkas aslinya," tuturnya. 

Nantinya, kata dia, para warga yang membutuhkan pelayanan administrasi tinggal mengakses aplikasi tersebut dan mengunggah seluruh berkas persyaratan yang ada ke dalam laman yang telah disediakan. Setelah proses verifikasi berkas selesai, warga akan menerima notifikasi apabila dokumen yang dibutuhkan sudah jadi. 

"Jadi syarat-syarat pengurusannya itu mereka upload lewat aplikasi tersebut, kemudian kita cek, setelah lengkap kita proses. Setelah proses selesai nanti akan ada notifikasi berkas sudah selesai," kata Tirta. 

Jadi, para warga hanya perlu satu kali pergi ke kantor kelurahan, yaitu pada saat menukar berkas persyaratan yang asli dengan dokumen yang telah ditandatangani. 

"Jadi aplikasi itu nantinya si warga datang ke kelurahan pada saat pengambilan berkas. Warga tadi tinggal bawa berkas aslinya untuk ditukar dengan berkas yang sudah ditandatangan," ungkapnya. 

Bersamaan dengan itu, Kelurahan Sekeloa juga akan meluncurkan fasilitas tambahan bernama extra time goverment service. Fasilitas ini, berguna bagi warganya yang tidak sempat datang ke kelurahan pada jam kerja kantor.

Nantinya, setiap Senin dan Selasa kantor kelurahan akan beroperasi hingga pukul delapan malam. 

"Jadi setiap hari Senin dan Selasa kita buka sampai jam delapan malem. Karena banyak warga yang bekerja, jadi sebelum kembali ke rumah dia bisa mampir dulu ke kelurahan," ujar Tirta. 

Rencananya kedua program tersebut akan diluncurkan satu hingga dua bulan lagi. Sebab, saat ini aplikasinya pun masih dalam tahap pembuatan.  

"Rencananya akan dilaunching bulan depan atau setelah Lebaran. Karena kan nunggu aplikasi tersebut jadi juga," tutupnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers