web analytics
  

Potensi Energi Panas Bumi Gunung Patuha Capai 400 MW

Rabu, 11 Maret 2020 18:37 WIB Mildan Abdalloh

Gunung Patuha. (jejakpendaki.web.id)

PASIRJAMBU, AYOBANDUNG.COM -- Gunung api Patuha di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung masih memiliki potensi energi panas bumi untuk diubah menjadi listrik yang besar.

Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan, potensi energi panas bumi yang bisa dikembangkan di Gunung Patuha mencapai 400 MW.

"Di Patuha baru terpasang satu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kapasitas 55 MW," tutur Ida saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan PLTP Patuha, Rabu (11/3/2020).

AYO BACA : Makin Instagramable, Ini Wajah Baru Objek Wisata Kawah Putih

Direncanaka di Gunung Patuha akan kembali dibangun satu PLTP dengan kapasitas 55 MW. Menurut Ida, ditargetkan pembangunan akan rampung pada 2023.

Jika PLTP kedua rampung dibangun, masih terdapat potensi 290 MW. Potensi tersebut bisa mensuplai listrik yang besar untuk Indonesia.

Satu PLTP saja kata Ida, mampu menyuplai listrik untuk jaringan Jawa-Bali sebesar 441 GWh/tahun.

AYO BACA : Kunjungan Wisata Kawah Putih Gunung Patuha Turun 50 Persen

Dengan menghasilkan listrik sebesar 441GWh/tahun, PT Geodipa Energi sebagai pengelola mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar.

Dijelaskan Ida, pihak PT Geodipa Energi memiliki kewajiban membayar PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) kepada pemerintah pusat. Selain itu, perusahaan tersebut juga membayar bonus produksi kepada Pemerintah daerah tempat eksploitasi dilakukan, dalam hal ini adalah Kabupaten Bandung.

"Bonus produksi yang diterima Pemkab Bandung mencapai Rp11,5 miliar selama 5 tahun," ujarnya.

Bonus produksi tersebut secara langsung dikirim kepada Pemkab Bandung melalui kas daerah.

AYO BACA : Ada Cinta di Situ Patenggang

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers