web analytics
  

Hindari Pelecehan, Alasan Billie Eilish Selalu Berpakaian Longgar

Rabu, 11 Maret 2020 11:25 WIB
Umum - Artis, Hindari Pelecehan, Alasan Billie Eilish Selalu Berpakaian Longgar, Pelecehan seksual, Billie Eilish, Berpakaian Longgar, fashion,

Billie Eilish. (Instagram)

MIAMI, AYOBANDUNG.COM -- Penyanyi Billie Eilish menyampaikan alasan dirinya selalu berpakaian longgar, yakni untuk menghindari pelecehan seksual.

Hal itu dikatakannya pada malam pertama tur dunianya “Where Do We Go?” di American Airlines Arena di Miami Senin (9/3/2020).

Selama jeda di konser, Eilish memulai dengan video yang diproyeksikan ke layar lebar di tempat konser. Dalam klip itu, sang penyanyi “Bad Guy” mengatakan dirinya mengenakan pakaian longgar untuk menghindari pelecehan seksual. Dia membahas tentang komentar negatif tentang tubuhnya di media sosial.

Dilansir di Independent pada Selasa (10/3/2020), video dimulai dengan Eilish melepas beberapa lapis pakaian sampai dia dibiarkan mengenakan bra, sebelum tenggelam secara dramatis di bawah air. Saat visual diputar, Eilish mengatakan, "Anda memiliki pendapat tentang pendapat saya; tentang musik saya; tentang pakaian saya; tentang tubuhku."

“Beberapa orang membenci apa yang saya kenakan; beberapa orang memuji itu; beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain; beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan saya, tetapi saya merasa Anda melihatnya."

“Apakah Anda ingin saya menjadi lebih kecil? Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Apakah Anda ingin saya diam? Apakah bahu saya memprovokasi Anda? Apakah dadaku? Apakah perut saya? Pinggul saya?”

Eilish menyoroti tentang komentar-komentar negatif tentang tubuhnya atau caranya memakai baju.

"Jika saya memakai apa yang nyaman, saya bukan seorang perempuan. Jika saya melepaskan lapisan, saya pelacur. Meskipun Anda belum pernah melihat tubuh saya, Anda masih menghakimi dan menilai. Mengapa?”

Penyanyi “Everything I Wanted” mengakhiri klip itu dengan memperingatkan orang-orang agar tidak membuat asumsi terhadap orang lain berdasarkan standar mereka.

“Jika saya memakai lebih banyak; jika saya memakai kurang, siapa yang memutuskan apa yang baik untuk saya? Apa itu artinya? Apakah nilai saya hanya didasarkan pada persepsi Anda? Atau, apakah pendapat Anda tentang saya bukan tanggung jawab saya?”

Para penggemar dengan cepat memuji Eilish untuk pesan kuat dari video itu. Beberapa meneriakinya, "Perempuan terkuat, paling berdaya yang saya tahu.”

Pemenang Grammy Award itu menjelaskan alasannya memakai pakaian longgar selama pemotretan kampanye untuk fesyen mewah merek Calvin Klein. Dalam video 30 detik, Eilish berkata, “Saya tidak pernah ingin dunia tahu segalanya tentang saya. Itu sebabnya, saya memakai pakaian besar dan longgar.

“Tidak ada yang bisa memiliki pendapat karena mereka belum melihat apa yang ada di balik pakaian saya, kau tahu?"

“Tidak ada yang bisa mengatakan, 'Oh dia langsing, dia tidak langsing, dia punya pantat rata, dia punya pantat gemuk.' Tidak ada yang bisa mengatakan itu, karena mereka tidak tahu.”

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers