web analytics
  

Kemenag Pastikan Larangan Umrah Tak Ganggu Persiapan Haji

Selasa, 10 Maret 2020 10:22 WIB

Ilustrasi (Ayobandung.com/Adi Ginanjar)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Agama (Kemenag) memastikan kebijakan Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara umrah tidak mengganggu persiapan haji.

Hal itu disampaikan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, saat memberikan arahan kepada jamaah manasik umrah PT Patuna Mekar Jaya beberapa hari lalu.

AYO BACA : Penangguhan Umrah Arab Saudi Belum Diketahui hingga Kapan

"Termasuk haji sekalipun seluruh tahapan haji tetap berjalan seperti biasa," katanya.

Dalam pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji, Kemenag melakukannya di dua tempat. Pertama persiapan dilakukan di luar negeri yakni di Arab Saudi dan persiapan di dalam negeri yakni di Indonesia. Persiapan di dua tempat ini tetap berjalan seperti biasa meski Saudi belum menentukan keputusan tentang haji.

AYO BACA : Umrah Dibatasi, Masjidil Haram Lengang

"Jadi tahapan persiapan dalam negeri maupun di luar negeri berjalan seperti biasa," katanya.

Optimisme pemerintah dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji harus juga dilakukan oleh pihak penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus (PIHK). Pemerintah akan support pelaksanaan persiapan haji khusus PIHK dengan menentukan pelunasan untuk haji khusus.

"Bahwa misalnya haji khusus Insya Allah kita akan memulai pelunasan tanggal 16 Maret," katanya.

Sementara untuk pelunasan haji reguler, kata Arfi, Kemenag akan memulainya pada tanggal 17 Maret. Meski demikian, belum ada keputusan tentang haji dari Arab Saudi, persiapan tetap harus dilakukan penyelenggara dengan baik.

"Haji reguler juga akan memulai pelunasan tanggal 17 Maret. Meski kita belum ada kepastian juga dari pemerintah Arab Saudi tentang haji," katanya.

AYO BACA : Travel Diminta Tak Buka Pendaftaran Umrah untuk Sementara

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers