web analytics
  

Mudah Didapat, Ini Bahan-bahan Alami Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Selasa, 10 Maret 2020 08:25 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, Mudah Didapat, Ini Bahan-bahan Alami Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Jaga kekebalan tubuh, sistem imun, jeruk, yoghurt, teh

Ilustrasi buah jeruk. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu Anda tercegah dari berbagai penyakit. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena jika tidak, Anda mungkin akan mudah jatuh sakit. 

Dengan beberapa perubahan kecil, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan Anda. Stres, gaya hidup yang buruk, makanan tidak sehat, kelebihan alkohol, dan kurang tidur merupakan beberapa faktor yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah. Melansir dari Doctor.ndtv, Minggu (22/9/2019) berikut 5 rekomendasinya:

1. Buah Citrus (suku jeruk-jerukan

Buah citrus kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu membangun kekebalan tubuh. Vitamin C membantu dalam produksi sel darah putih. Sel darah putih adalah sel yang berguna untuk melawan penyakit pada tubuh.

Anda dapat mencegah risiko terkena flu atau infeksi lain dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Beberapa makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk, kiwi, lemon, jeruk bali dan banyak lagi.

2. Kunyit

Kunyit adalah bumbu magis yang sarat akan khasiat obat. Kunyit dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga tinggu akan sifat anti-inflamasi. 

Anda dapat menambahkan kunyit ke dalam makanan dan menyiapkan teh kunyit untuk hasil yang lebih baik. 

3. Yogurt

Yogurt adalah pilihan sehat lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik yang terkandung dalam yogurt membantu dalam memerangi infeksi.

Anda bisa makan yogurt setiap hari. Tambahkan beberapa buah segar ke dalam semangkuk yogurt untuk memperkaya rasanya. Jangan makan yogurt rasa atau yang mengandung lemak tinggi.

4. Teh

Teh sangat baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, guna membantu melawan infeksi.

Beberapa teh terbaik yang dapat Anda tambahkan ke dalam daftar makanan Anda adalah teh hijau, teh hitam, teh jahe, teh kayu manis, teh kunyit atau teh chamomile. 

5. Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu luar biasa yang penambah rasa ekstra pada makanan Anda. Kayu manis juga sarat akan manfaat kesehatan.

Kayu manis dapat membantu mengelola diabetes, PCOD, infeksi, dan kesehatan jantung, serta membantu menurunkan berat badan. 

Tambahkan kayu manis ke dalam makanan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers