web analytics
  

Sidang Sengketa Pilkada Kabupaten Bandung Digelar Rabu

Senin, 9 Maret 2020 21:39 WIB Mildan Abdalloh

Bawaslu Kabupataen Bandung sedang melakukan sidang sengketa pemilu, Senin (9/3/2020). (Mildan Abdalloh/ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Bawaslu Kabupaten Bandung akan menggelar sidang ketiga sengketa Pilkada pada Rabu (11/3/2020) dengan agenda kesimpulan. Sidang trsebut berkaitan dengan gugatan Bakal Pasangan Calon Bupati dari jalur perseorangan atas nama Lili Muslihat-Wida Hendrawati.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin mengatakan, pada senin (9/3/2020) pihaknya telah menggelar sidang kedua sengketa Pilkada dengan agenda mendengar tanggapan dari termohon sengketa yakni KPU.

"Tadi sidang terkait tanggapan dan jawaban termohon. Juga pemeriksaan alat bukti dan keterangan saksi dari kedua belah pihak," tutur Januar.

KPU kata Januar beralasan pihaknya membuat berita acara BA1KWK atas penetapan dukungan bakal calon bupati dari jalur perseorangan atas nama Lili Muslihat-Wida Hendrawati karena pasangan tersebut menyatakan menarik dukungan syarat pencalonan.

AYO BACA : KPU Kabupaten Bandung Tidak Hadiri Sidang Penyelesaian Sengketa

"Berita acara BA1KWK dikeluarkan oleh KPU karena dokumen ditarik lagi oleh pemohonm, sehingga tidak terjadi proses penghitungan," ujarnya.

Namun kata Januar, pihak KPU hanya memberi tanggapan atas tuntutan termohon terkait gugatan pemohon. "KPU tidak menghadirkan saksi. Saksi hanya dihadirkan oleh pemohon," imbuhnya.

Bawaslu sendiri kata Januar sedang melakukan penggalian terhadap fakta-fakta yang terjadi dalam persidangan. Fakta-fakta tersebut akan menjadi bahan bagi Bawaslu dalam melakukan penilaian.

"InsyaAllah Rabu ini akan sidang lagi dengan agenda kesimpulan dari kedua belah pihak. "Mudah-mudahan sudah ada kesepakatan kedua belah pihak saat sidang selanjutnya," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers