web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jaksa Ungkap Kronologi Aliran Suap Rp3,9 Miliar ke Bupati Indramayu Nonaktif

Senin, 9 Maret 2020 15:41 WIB Vina Elvira

Bupati Indramayu Nonaktif Supendi didakwa menerima suap Rp3,9 miliar dari pengusaha. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Indramayu nonaktif Supendi didakwa menerima uang sebesar Rp3,9 miliar dari Carsa ES dan beberapa rekan kerjanya. Uang tersebut diduga diberikan agar terdakwa mau memberikan proyek atau paket pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu kepada para pengusaha tersebut. 

Jaksa KPK Kiki Ahmad Yani menerangkan, Supendi menerima uang tersebut dari empat orang pengusaha, yang salah satunya adalah Carsa ES. Hal tersebut disampaikan jaksa dalam sidang perdana Supendi di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (9/3/2020).

AYO BACA : Bupati Indramayu Nonaktif Supendi Didakwa Terima Suap Rp3,9 Miliar

Jaksa KPK menyebut, Supendi menerima uang dari Carsa ES sebesar Rp 3,6 miliar sejak 2018. Uang tersebut diterima saat Supendi menjabat sebagai Plt Bupati Indramayu hingga 2019 saat Supendi diangkat menjadi Bupati Indramayu. 

Kedua, penerimaan uang dari seorang pengusaha bernama Kasnadi dengan total Rp125 juta. Uang tersebut, kata jaksa, diterima Supendi melalui Suwargi alias Ucok sejak 2018 hingga 2019 di tiga tempat berbeda. 

AYO BACA : Ini Total Kekayaan Bupati Indramayu yang Tertangkap KPK

"Penerimaan yang dari Kasnadi seluruhnya sejumlah Rp125 juta yang beberapa kali diterima terdakwa melalui Suwargi alias Ucok sekitar tahun 2018 sampai dengan 2019 di BCA Cabang Indramayu, di BJB Cabang Indramayu, dan di rumah Kasnadi," ucap jaksa dalam dakwaan. 

Ketiga, Supendi menerima uang dari Badrudin dengan jumlah Rp150 juta, yang beberapa kali diterima Supendi melalui perantara yang sama. Uang tersebut diterima sekitar 2019 di rumah Badrudin dan di Toko Bangunan di Indramayu. 

Terakhir, Supendi menerima uang dari Suryono sejumlah Rp37 juta melalui Wendy Irwandy dan Haidar Samsayail sekitar 2019 di Pendopo Bupati Indramayu.  

Jaksa mengungkapkan, pemberian uang dari Carsa Es dan tiga pengusaha lainnya diterima baik oleh Supendi juga anak buahnya Omarsyah selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Wempi Triyoso selaku Kabid Jalan Dinas PUPR.

AYO BACA : Bupati Indramayu Ditangkap, Uu: Jangan Cari Keuntungan Pribadi

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers