web analytics
  

Kenali 4 Efek Berbahaya Kelebihan Vitamin D dalam Tubuh

Senin, 9 Maret 2020 06:39 WIB Vina Elvira

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- vitamin d merupakan nutrisi penting untuk fungsi otot, jantung, paru-paru dan otak. Vitamin ini, membantu tubuh Anda menyerap mineral, seperti kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang.

Asupan vitamin d melalui makanan atau suplemen, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antaranya menurunkan berat badan, mendukung kesehatan tulang, menurunkan depresi, melindungi dari penyakit jantung, dan banyak lagi. 

Tapi, asupan vitamin d yang berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Melansir dari Boldsky,  Sabtu (7/3/2020) berikut 4 efek samping terlalu banyak mengonsumsi vitamin d:

1. Hiperkalsemia (kadar kalsium darah yang tinggi) 

Kelebihan vitamin d pada tubuh, dapat menyebabkan hiperkalsemia, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika kadar kalsium dalam darah Anda di atas normal. 

Tingginya kadar vitamin d dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kehilangan nafsu makan, kebingungan dan tekanan darah tinggi. Gejalanya pun macam-macam mulai dari nyeri dada, tekanan darah tinggi, lekas marah, hingga gelisah berlebihan.

2. Kerusakan pada Ginjal

Kelebihan vitamin d dalam tubuh, dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Itu karena kadar vitamin d  meningkatkan kadar kalsium dalam darah, yang menyebabkan kerusakan ginjal. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keracunan vitamin d dapat menyebabkan cedera ginjal akut. Gejalanya adalah demam, mual dan muntah atau sakit perut yang parah.

3. Tulang Rapuh

Asupan vitamin d dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan keropos pada tulang. Itu karena kadar vitamin d yang tinggi, menyebabkan rendahnya tingkat vitamin K2 dalam darah. Fungsi utama vitamin K2 adalah, untuk menjaga kalsium dalam tulang dan mengambil kelebihan vitamin d dalam tubuh. 

Gejala-gejala tulang rapuh adalah nyeri tulang, nyeri punggung atau sendi yang parah, peningkatan risiko patah tulang dan ketidakstabilan pada saat beraktivitas. 

4. Detak Jantung Tidak Beraturan

Asupan vitamin d yang berlebihan, dapat menyebabkan hiperkalsemia dan masalag pada jantung. Itu karena vitamin d dapat mengubah fungsi sel pada jantung, yang menyebabkan detak jantung tidak teratur. 

Kadar kalsium yang tinggi menyebabkan endapan kalsium berkembang di arteri jantung, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Gejalanya adalah nyeri dada, kelelahan, dan pusing.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers