web analytics
  

Dikalahkan United, Guardiola Ogah Kritik Pemain

Senin, 9 Maret 2020 06:30 WIB Rizma Riyandi

Reaksi pelatih Manchester City, Pep Guardiola kala timnya dikalahkan United. (The Independent)

MANCHESTER, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola tolak kritik pemainnya meski kalah 2-0 oleh rival sekotanya Manchester United pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Minggu (8/3/2020). Pria berusia 49 tahun tersebut bersikeras bahwa timnya sudah melakukan yang terbaik.

“Permainan kami bagus. Permainan posisi kami juga sangat baik. Kami hanya melakukan sedikit kesalahan, terutama pada babak pertama. Ketika kami mencapai area tiga perempat lapangan untuk lebih agresif, kami malah kebobolan. Pada babak kedua, kami bermain baik," katanya sebagaimana dilansir Sky Sports.

United membuka keunggulan pada menit 30. Berawal dari situasi tendangan bebas, Bruno Fernandes melepaskan umpan manis kepada Anthony Martial. Sepakan Martial yang harusnya dapat dihalau dengan mudah kiper City, Ederson malah berbuah gol.

Pada menit akhir pertandingan, Ederson kembali membuat kesalahan karena salah melempar umpan. Situasi tersebut pun dimanfaatkan dengan baik oleh gelandang United, Scott McTominay. Meski begitu, Guardiola menolak mengkritik kiper asal Brasil tersebut.

“Ederson melakukan satu atau dua penyelamatan, dia adalah penjaga gawang yang luar biasa. Saya tidak datang ke sini untuk menghakimi pemain saya jika mereka membuat kesalahan. Itu bagian dari permainan. Dia akan pulih dan dia adalah penjaga gawang yang luar biasa,” ujar mantan pelatih Barcelona tersebut.

Di sisi lain, gelandang City, Bernardo Silva mengaku kesal dengan kekalahan timnya. Menurutnya, kekalahan The Citizens tidak dapat diterima.

“Itu adalah pertandingan yang buruk bagi kami. Menurut saya, tidak dapat diterima. Hari yang sangat buruk,” ujar gelandang tim nasional Portugal tersebut.

Selain itu, Bernardo juga menyesalkan gol pembuka United. Seperti diketahui, Bruno Fernandes dijatuhkan sesaat sebelum gol pertama terjadi, dan Bernardo tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Menurutnya, wasit Mike Dean tidak seharusnya memberi tendangan bebas pada United.

"Dari sudut pandang saya dan dari tempat saya berada, jelas itu bukan pelanggaran,” ujarnya.

Dengan hasil ini, City masih menduduki peringkat kedua klasemen sementara, dengan perolehan 57 poin, hasil dari 18 kemenangan, tiga hasil imbang dan tujuh kekalahan. Dengan pertandingan yang menyisakan sembilan pertandingan lagi, perjalanan City untuk menjadi kampiun Liga Primer Inggris kian mustahil, karena Liverpool jauh berada di atas dengan perolehan 82 poin.

Sementara itu, United masih bersaing dengan Chelsea, Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, Tottenham Hotspur dan Arsenal untuk memperebutkan satu tiket ke Liga Champions UEFA musim depan.

Kini, Setan Merah menghuni peringkat kelima dengan perolehan 45 poin, hasil dari 12 kemenangan, sembilan hasil imbang dan delapan kekalahan. United terpaut jarak empat poin dari Chelsea di posisi empat.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers