web analytics
  

IKA FH Unpad Gelar Diskusi Alumni Talk I

Minggu, 8 Maret 2020 15:40 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Bandung, IKA FH Unpad Gelar Diskusi Alumni Talk I, IKA FH Unpad, Gelar Diskusi Alumni Talk I, unpad

Seminar Alumni Talk I di Kampus Unpad Jatinangor yang digelar oleh IKA FH Unpad Sabtu (7/3/2020).

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM -- Ikatan Alumni Fakultas Hukum Univeritas Padjadjaran menyelenggarakan diskusi dan seminar Alumni Talk I di Kampus Unpad Jatinangor pada Sabtu (7/3/2020).

Dalam diskusi bersama Moot Court Society FH Unpad mengangkat tema tentangPenanganan Perkara Perdata di Pengadilan Negeri. Dua orang tamu istimewa yakni Ketua PN Batang, Guntoro Eka dan praktisi hukum Perry Cornelius Sitohang dihadirkan sebagai narasumber.

Menurut Guntoro yang merupakan alumni FH Unpad 1994, diskusi memberikan wawasan kepada mahasiswa hukum antara teori dan praktik di dunia peradilan.

"Untuk menjembatani mahasiswa antara teori di bangku kuliah dan praktik beracara di pengadilan dalam bidang perdata. ‎Nantinya nyambung antara teori yang didapatkan saat berkuliah dengan praktek," ujarnya, Sabtu (7/3/2020).

Menurutnya, jika mahasiswa hukum tidak memiliki banyak wawasan dalam dunia peradilan, akan berdampak pada kualitas lulusannya. Bahkan akan menjadi beban negara, dia pun mendorong agar mahasiswa hukum harus memiliki hard skill dam soft skill.

"Nantinya menjadi pengangguran, dan akan membebani negara, itu yang tidak kami inginkan. ‎Sehingga, ada hard skill dan soft skill yang harus dilatih dan outputnya mahasiswa akan benar-benar mumpuni, siap pakai, dan tidak akan gagap ketika terjun di lapangan," ucap Guntoro.

Sementara itu, Perry Cornelius Sitohang membagi pengalamannya berkarir di dunia hukum. Menurutnya mahasiswa hukum yang hanya belajar teori saja, ketika dihadapkan pada dunia kerja akan mengalami kesulitan.

"Waktu kuliah merasa jadi paling pintar. Tapi saat masuk dunia lawyer, merasa paling bodoh dan tidak tahu apa-apa. Karena saat kuliah saya tidak ada yang memberi tahu apa yang harus dilakukan, dan perlu dilakukan, dan apa yang bisa saya lakukan di dunia praktek," katanya.

Melalui diskusi ini, tutur Perry dapat membantu para mahasiswa hukum dalam menambah wawasan dalam dunia kerja. Sehingga ketika lulus, para mahasiswa hukum ini akan lebih terarah dalam bidanh karir.

"Ketika mereka lulus nanti, mereka akan lebih tahu mau mengarah kemana, mereka mau berkerja dimana, dan alumni juga setidaknya dapat memberikan informasi dunia kerja kepada mereka," pungkasnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers