web analytics
  

3 Susu Ini Bisa Bantu Tidurmu Lebih Nyenyak, Mesti Coba!

Jumat, 6 Maret 2020 14:52 WIB

[Ilustrasi] Susu. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika kamu sulit tidur atau tidak nyenyak, kamu mesti coba susu yang dicampur sejumlah makanan.

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang berkualitas bisa memberikan dampak bagus bagi tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur berkualitas bisa dengan mengonsumsi minuman tertentu.

Berikut 3 susu yang bisa membantu tidur lebih nyenyak, dilansir Express:

1. Susu pisang

AYO BACA : 5 Manfaat Kesehatan Susu Kunyit Asal India

Minum susu pisang sebelum tidur dapat membantu mengendurkan otot-otot dan menciptakan tidur nyenyak.

Minum susu sebelum tidur sering dianjurkan medis. Hal ini karena susu yang kaya protein dan mengandung triptofan asam amino yang dapat menjadi pemicu tidur.

Triptofan diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi serotonin yang kemudian digunakan untuk membuat melatonin, hormon yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun.

Kemudian, magnesium dan kalium, keduanya ada dalam buah. Dua kandungan itu punya efek positif pada tidur dan insomnia. Terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Lebih baik lagi, pisang juga mengandung triptofan, asam amino pengatur tidur.

AYO BACA : Minum Susu saat Sarapan Ternyata Berbahaya untuk Pencernaan

Magnesium dalam pisang juga bertindak sebagai pelemas otot alami. Potasium dapat efektif mengobati sindrom kaki kram. Pisang terbukti menjadi pemicu tiga kali lipat untuk mendapatkan tidur nyenyak.

2. Susu ceri

Susu buah ceri hangat juga bisa membantu tidur nyenyak. Ceri adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung melatonin, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin tubuh.

Selain melatonin, jus asam ceri mengandung triptofan. Para peneliti dari satu studi menemukan minum Montmorency tart jus ceri dua kali sehari selama dua pekan dapat membantu meningkatkan waktu tidur hampir 90 menit di antara orang dewasa yang insomnia.

3. Susu kunyit

Kunyit bermanfaat untuk kesehatan dan dapat dinikmati dalam bentuk minuman susu. Dari memerangi peradangan hingga menyuplai antioksidan, rempah-rempah ini memang banyak digunakan untuk membantu kualitas tidur.

Studi awal pada tikus menemukan kunyit dapat melindungi dari kerusakan oksidatif dan kurang tidur serta menurunkan tingkat kecemasan. Bagi mereka dengan kondisi kronis, sifat anti-inflamasi dalam kunyit juga terbukti bermanfaat.

AYO BACA : Susu Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers