web analytics
  

Jus Jeruk Ampuh Tingkatkan Konsentrasi dan Kembalikan Energi

Jumat, 6 Maret 2020 10:34 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Jus Jeruk Ampuh Tingkatkan Konsentrasi dan Kembalikan Energi, Jus Jeruk, Tingkatkan Konsentrasi, Kembalikan Energi, mengantuk, lelah, tips sehat,

[Ilustrasi] Jus jeruk efektif meningkatkan konsentrasi dan mengembalikan energi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jus jeruk ampuh mengatasi kelelahan sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan mengembalikan energi.

Karena itu, jus jeruk bisa jadi alternatif kopi yang umum diminum untuk meningkatkan konsentrasi. Bahkan dibanding kopi, jus jeruk lebih alami dan memiliki efek yang menyegarkan.

AYO BACA : Mengantuk Setelah Makan, Ini 5 Cara Mengatasinya

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (6/3/2020), untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 24 laki-laki yang diminta melakukan tes selama 2 hari. Pada hari pertama, responden diberi segelas jus jeruk sebelum menjalani tes yang mengukur kecepatan dan kewaspadaan seseorang.

Hari kedua, responden mengonsumsi minuman lain sebelum mengerjakan tes. Hasil menunjukkan bahwa skor tertinggi diperoleh responden yang sebelumnya mengonsumsi jus jeruk.

AYO BACA : 5 Penyebab Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

"Mereka bahkan masih terjaga hingga 6 jam kemudian usai meminum jus jeruk," ujar salah satu peneliti, Daniel Lamport.

Untuk mendapatkan efek terjaga hingga 6 jam kemudian ini, dia menjelaskan, seseorang harus mengonsumsi sedikitnya 240 ml jus jeruk.

Lamport menjelaskan, efek ini terjadi karena jus jeruk mengandung flavonoid yang dapat merangsang aliran darah menuju otak sehingga sel-sel otak akan lebih mudah mentransfer informasi.

"Ketika kelelahan di siang hari sebaiknya konsumsi jus jeruk untuk meningkatkan konsentrasi," tuturnya.

AYO BACA : Gunung Hejo, Kisah Dibalik Misteri Tol Cipularang

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers