web analytics
  

Jus Jeruk Bisa Atasi Diabetes dan Obesitas? Ini Kata Peneliti

Jumat, 6 Maret 2020 10:25 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Jus Jeruk Bisa Atasi Diabetes dan Obesitas? Ini Kata Peneliti, Jus Jeruk, jeruk, manfaat jeruk, Diabetes, Obesitas, Peneliti, vitamin,

[Ilustrasi] Jus jeruk dipercaya bisa mengatasi diabetes dan obesitas. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum 2 setengah gelas jus jeruk sehari bisa mengatasi obesitas dan mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Temuan yang terbit pada Journal of Lipid Research ini meneliti molekul nobiletin, yang umumnya ditemukan di dalam jeruk manis dan jeruk keprok.

AYO BACA : 5 Buah-buahan yang Perlu Diwaspadai Penderita Diabetes

Molekul tersebut secara drastis dapat mengurangi obesitas dan membalikkan efek samping negatifnya, lapor The Health Site.

Para peneliti melihat efek ini bekerja pada tikus yang juga memiliki semua gejala negatif obesitas.

AYO BACA : Biji Ketumbar Bisa Atasi Diabetes

"Kita dapat menggunakan nobelitin untuk membalikkan gejala-gejala tersebut, dan bahkan mulai mengurangi penumpulan plak di arteri, yang dikenal sebagai aterosklerosis," kata peneliti studi, Murray Huff dari Western University di Kanada.

Tim peneliti menunjukkan bahwa tikus yang diberi pola makan tinggi lemak dan kolesterol serta nobiletin tampak lebih ramping.

Efek lainnya adalah berkurangnya kadar resistensi insulin dan lemak darah.

Namun, peneliti masih belum menentukan secara tepat bagaimana nobiletin bekerja. Mereka berhipotesis bahwa molekul kemungkinan bertindak pada jalur yang mengatur bagaimana lemak ditangani dalam tubuh.

Langkah selanjutnya adalah 'memindahkan' studi ini ke manusia untuk menentukan apakah nobiletin memiliki efek metabolik positif yang sama.

AYO BACA : Kelapa Bakar yang Kaya Khasiat

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers