web analytics
  

Bukan Masker, Warga Australia Borong Tisu Toilet Hadapi Corona

Kamis, 5 Maret 2020 07:15 WIB
Umum - Internasional, Bukan Masker, Warga Australia Borong Tisu Toilet Hadapi Corona, virus corona, bahaya virus corona, virus corona cina, tisu toilet, australia

Melapisi dudukan toilet dengan tisu. (Shutterstock)

SYDNEY, AYOBANDUNG.COM -- Pada Rabu (04/03/2020), Australia telah mencatat 41 kasus Covid-19 dan satu kematian. Angka-angka ini jauh lebih rendah daripada negara-negara lain. Namun kepanikan dan ketakutan tetap melanda.

Dilansir dari BBC, masyarakat di Australia diketahui menimbun tisu toilet untuk menghadapi ketakutan atas corona.

Di Sydney, kota terbesar di negara itu, tisu toilet di rak-rak supermarket telah habis dalam hitungan menit, memaksa supermarket untuk menegakkan batas pembelian maksimal empat paket.

Panduan resmi sudah menyarankan orang untuk mempraktikkan kebersihan yang baik dan mencuci tangan. Juga disarankan agar orang dapat menyiapkan makanan dan air selama dua minggu, serta barang-barang rumah tangga lainnya, jika mereka merasa perlu.

Maka dari itu, permintaan tisu toilet melonjak, bersamaan dengan makanan tahan lama lainnya. Di media sosial, #toiletpapergate dan #toiletpapercrisis menjadi tren teratas pada hari Rabu.

Di tengah-tengah laporan ini, pihak berwenang telah mendesak masyarakat untuk berhenti melakukan panic buying.

Kepala petugas medis Australia Dr Brendan Murphy mengatakan kepada parlemen minggu ini, "Kami berusaha meyakinkan orang-orang bahwa membeli semua kertas toilet dari rak-rak supermarket mungkin bukan hal yang proporsional atau masuk akal untuk dilakukan saat ini."

Masalah tisu toilet tidak hanya terjadi di Australia. Situasi serupa mengepung tempat-tempat yang lebih parah terkena virus, seperti Singapura, Jepang dan Hong Kong.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers