web analytics
  

5 Manfaat Daun Pepaya yang Belum Diketahui Orang Banyak

Selasa, 3 Maret 2020 07:12 WIB Vina Elvira

Ilustrasi daun pepaya. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Selain buahnya, Daun pepaya juga terkenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Daun pepaya berguna sebagai obat alami yang dapat membantu mengatasi beberapa kondisi kesehatan, seperti demam berdarah, nyeri saat menstruasi, dan peradangan. 

Menurut sebuah penelitian, Daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain, yang berguna untuk menjaga kesehatan. Daun pepaya juga mengandung phytochemical, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Senyawa Aktif dalam Daun pepaya pun sering dikonsumsi sebagai jus atau teh yang ampuh mengobati berbagai penyakit. Melansir dari Boldysky, Jumat (28/2/2020) berikut lima manfaat Daun pepaya yang belum diketahui orang banyak: 

1. Obati Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit menular berbasis nyamuk, yang menyerang sekitar 50-200 juta orang secara global per tahun. Menurut sebuah penelitian, ekstrak Daun pepaya berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang terinfeksi dan ampuh meredakan demam.

2. Redakan Nyeri Menstruasi 

Daun pepaya merupakan jawaban bagi wanita yang sedang menstruasi. Daun pepaya dapat membantu meringankan kembung yang terjadi selama kram menstruasi.

Biasanya, teh atau ramuan yang terbuat dari Daun pepaya sangat membantu untuk mengobati gejala PMS seperti sakit kepala, gangguan pencernaan dan mual.

3. Obati Masalah Kulit

Menurut sebuah penelitian, rebusan Daun pepaya mampu meningkatkan penyembuhan kanker, khususnya kanker kulit. Daun pepaya memiliki efek sitotoksik yang kuat, dan membantu membunuh sel kanker lebih maksimal daripada obat tradisional lainnya.

4.  Menjaga Kesehatan Hati 

Stres oksidatif, dapat menyebabkan  kerusakan pada hati, yang mengarah pada hepatitis dan sirosis terkait HCV. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi Daun pepaya dapat memberikan dukungan potensial bagi hati karena sifat antioksidan dan vitamin E yang dimilikinya. 

5. Perbaiki Perubahan Suasana Hati

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa penyebab utama perubahan suasana hati dan gangguan mental lainnya, adalah karena kekurangan vitamin C dalam tubuh. Daun pepaya atau rebusannya, dapat membantu menghilangkan ketegangan emosional seperti perubahan suasana hati, stres, dan depresi.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers