web analytics
  

Menkes Jadikan Kasus Corona di Depok Sampel Riset untuk Vaksin

Senin, 2 Maret 2020 15:24 WIB
Umum - Nasional, Menkes Jadikan Kasus Corona di Depok Sampel Riset untuk Vaksin, vaksin, virus corona, virus corona depok, Vaksin virus corona, cara menghindari virus corona,

Presiden Joko Widodo besama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat umumkan virus corona di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020). (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan akan memanfaatkan kasus corona yang menjangkit 2 warga Depok untuk mecari obat atau vaksin.

 “Kalau sekarang ada dua kasus, kita manfaatkan dua kasus untuk riset yang kemudian hari menghasilkan obat atau vaksin,” kata Menkes Terawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dua WNI asal Kota Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang telah terlebih dahulu positif Covid-19. Menkes menyatakan, kasus 2 WNI itu menjadi kasus Covid-19 pertama di Indonesia.

AYO BACA : Dokter Ungkap Cara Mencegah Tertular Virus Corona

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau obat untuk mengatasi virus berbahaya yang pertama kali dilaporkan terjadi di Wuhan, Hubei, Cina. “Tidak ada, belum ada, belum ditemukan. Riset masih berjalan,” katanya.

Sebelum ada kasus Covid-19 di Indonesia, Terawan mengatakan, pemerintah telah siap dengan seluruh kemungkinan risiko.

“Kita juga begitu ada data ini, ada sisi, kita bisa lanjutkan. Dengan sampel itu dilakukan riset bersama untuk kemudian hari menemukan vaksin atau obat,” katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers