web analytics
  

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Menurut Konsultan Nutrisi

Senin, 2 Maret 2020 12:55 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Menurut Konsultan Nutrisi, virus corona depok, terawan, kekebalan tubuh,

[Ilustrasi] Orang yang kekebalan tubuhnya rendah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Kekebalan tubuh harus terus fit karena penyakit bisa menyerang kapan saja, termasuk saat musim hujan.

Menurut konsultan nutrisi holistik bersertifikat dan pendiri Gut of Integrity, Stephanie Papadakis, vitamin D3, A, dan C sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa mengombinasikan vitamin-vitamin tersebut dengan seng dan probiotik untuk mencegah flu.

Anda mungkin mengalami kekurangan vitamin D selama musim dingin karena kurangnya sinar matahari. Dengan begitu, suplemen selama musim flu akan membantu tubuh membentengi diri terhadap virus, kata papadakis.

Menurut dr direktur eksekutif Osher Center for Integrative Medicine di Northwestern University Melinda Ring, suplemen dengan vitamin D saat kekebalan tubuh rendah dapat mengurangi risiko infeksi sekitar 40%. Lalu, jika Anda adalah tipe orang yang cenderung memiliki batuk sangat kering saat musim dingin, dr Ring memberi tahu bahwa vitamin D dapat membantu sistem kekebalan tubuh mengurangi peradangan di paru-paru.

Selain suplemen, Papadakis mengatakan, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A dan C. Antioksidan ini membantu mengurangi stres oksidatif pada tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Papadakis merekomendasikan labu, ubi jalar, kangkung, dan wortel untuk Vitamin A serta kismis hitam, paprika, kiwi, jambu biji, jeruk, stroberi, kale, brokoli dan peterseli untuk Vitamin C.

Dr Ring memberi tahu bahwa jenis makanan kaya vitamin ini bertindak sebagai bentuk "dukungan kekebalan alami" yang dapat membantu tubuh Anda mencegah dan melawan infeksi sepanjang tahun.

Mendapatkan cukup seng juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Untuk membantu memastikan tubuh mendapatkan seng yang dibutuhkan, Papadakis merekomendasikan beralih ke makanan kaya seng. Makanan ini bisa termasuk tiram, kerang, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan kedelai organik.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers