web analytics
  

Umrah Tertunda, Jemaah Tak Akan Dibebani Biaya Tambahan

Jumat, 28 Februari 2020 15:10 WIB Fira Nursyabani

Rapat koordinas Kemenag terkait penghentian sementara ibadah umrah oleh Arab Saudi, Jumat (28/2/2020). (dok. Sapuhi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jemaah Indonesia tidak akan dibebankan biaya tambahan atas penundaan keberangkatan ibadah umrah. Diketahui Arab Saudi telah resmi menangguhkan sementara umrah pada Kamis (27/2/2020) untuk menghindari penyebaran virus corona atau covid-19.

"Pihak airline akan segera melakukan reschedule keberangkatan jemaah terdampak tanpa harus membebankan biaya tambahan kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah (PPIU) demi kemaslahatan jemaah umrah," kata Kementerian Agama (Kemenag) dalam pernyataan resminya yang diterima Ayobandung.com, Jumat (28/2/2020).

Kemenag juga menjamin maskapai penerbangan tidak akan menghanguskan tiket keberangkatan dan kepulangan jemaah yang terdampak kebijakan Arab Saudi. Maskapai diketahui tunduk pada Montreal Convention 1999 yang. telah diratifikasi melalui Perpres Nomor 95 Tahun 2016.

PPIU diminta untuk melakukan penjadwalan dan negoisasi ulang dengan penyedia layanan di Arab Saudi tentang akomodasi/hotel konsumsi, transportasi darat, dan layanan lainnya. Hal itu dilakukan agar layanan tetap dapat dipergunakan sampai dengan pencabutan status penghentian sementara keberangkatan jemaah ke Arab. Saudi

"PPIU memberikan pengertian kepada jemaah bahwa keberangkatan jemaah umrah hanya dapat dilakukan setelah Pemerintah Arab Saudi mencabut status penghentian sementara tersebut," jelas Kemenag.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers