web analytics
  

Forum Negara Islam Setuju Penundaan Jemaah Umrah

Jumat, 28 Februari 2020 09:30 WIB Andres Fatubun

Ilustrasi ibadah umrah. (REUTERS/Ganoo Essa)

JEDAH,AYOBANDUNG.COM -- Larangan Umrah dari Arab Saudi untuk pencegahan penyebaran virus Corona yang dilakukan pada kamis (27/2/2020) didukung oleh Organization of Islamic Cooperation (OIC).

OIC yang merupakan forum antara negara-negara Islam di dunia mendukung keputusan ini yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dan umat di Madinah dari ancaman virus yang sudah merenggut lebih dari 2000 nyawa tersebut.

Dikutip dari arabnews.com, OIC menyatakan keputusan untuk menunda masuknya jemaah Umrah akan membantu dalam penjagaan keselamatan para jemaah tersebut. Hal ini sudah sesuai dengan standar internasional dan mendukung usaha dari organisasi dari dalam atau luar negeri terutama WHO.

Kementrian Kesehatan Arab Saudi juga setuju dengan pernyataan ini dan menambahkan bahwa negara-negara Arab harus menjaga komunikasi dan koordinasi terhadap sektor kesehatan mereka.

Keputusan Arab Saudi ini juga melarang warga dari beberapa negara yang terjangkit virus Corona untuk mendapatakan visa pariwisata. Negara-negara tersebut adalah Tiongkok,Hong Kong, Macau, Malaysia, Singapura, Italia, Iran,Thailand, Korea Selatan dan Utara, Jepang, Pakistan, Afghanistan, Filipina, India, Lebanon, Suriah, Yemen, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, Vietnam, dan Indonesia. (Muhammad Al Iqbal)

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers