web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Darurat Corona, Bagaimana Kabar Olimpiade 2020?

Kamis, 27 Februari 2020 15:55 WIB Andres Fatubun

TOKYO, AYOBANDUNG.COM -- Olimpiade Tokyo 2020 dikabarkan akan terus berlanjut meski status darurat virus Corona masih berlangsung. Kabar ini disampaikan juru bicara pemerintahan Jepang, Yoshihide Suga, Rabu (26/02/2020).

Pernyataan ini mengklarifikasi kabar dari mantan wakil president Komite Olimpiade International (IOC), Dick Pound, soal olimpiade Jepang yang dapat dibatalkan jika IOC tidak menerima kepastian selama tiga bulan kedepan.

Suga menjelaskan mengenai pernyataan ini, IOC menyatakan bahwa itu bukan pernyataan resmi dari IOC, dan persiapan olimpiade akan terus diteruskan sesuai dengan jadwal.

Penjelasan ini juga dibantu oleh Toshiro Muto, CEO dari Olimpiade Tokyo 2020. 

"Kami sama sekali tidak mempertimbangkan akan dibatalkan, tapi kami akan memirikan bagaimana cara melanjutkan acara yang tidak berujung kepada penyebaran virus lebih luas, termasuk dengan cara mengurangi skala acara," katanya.

Salah satu acara yang terkena dampak adalah pergantian obor yang akan dimulai dari 26 Maret 2020 di Fukushima. Lari pergantian obor akan diperkecil untuk mencegah penyebaran virus.

Menteri Olimpiade Jepang, Seiko Hashimoto, mengatakan pihaknya akan fokus dalam mengahadapi krisis virus ini, menyelanggarakan Olimpiade seaman mungkin dan mendapat persetujuan dari IOC.

Olimpiade Jepang 2020 Dijadwalkan akan mulai pada 24 Juli 2020, sedangkan paralimpiade dijadwalkan pada 25 Asgustus 2020. (Muhammad Al Iqbal)

Editor: Andres Fatubun
dewanpers