web analytics
  

PT Pos Gandeng Peruri Cetak Prangko dan Benda Filateli Senilai Rp15 Miliar

Kamis, 27 Februari 2020 14:53 WIB Hendy Dinata
Umum - Nasional, PT Pos Gandeng Peruri Cetak Prangko dan Benda Filateli Senilai Rp15 Miliar, PT Pos, Peruri, Prangko, Filateli, Rp15 Miliar

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta dan Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2/2020).

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- PT Pos Indonesia menjalin kerja sama dengan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) terkait pencetakan prangko dan benda filateli lainnya dengan nilai kerja sama mencapai Rp15 miliar.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta dan Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2/2020). 

"Menyesuaikan perkembangan zaman, kita akan terus menjalin kerja sama. Kita sama-sama membangun, menambah bisnis, mengikuti perkembangan zaman," ujar Fajar Rizki disela-sela sambutannya. 

Melalui perjanjian kerja sama ini, Peruri akan melanjutkan tugasnya untuk mencetak Prangko dan Benda Filateli. Setiap tahunnya Peruri selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan pengamanan dari Prangko dan Benda Filateli

"Ya Peruri selalu berupaya meningkatkan mutu dan pengamanan yang meliputi bentuk, bahan baku, desain, percetakan, serta perforasi dengan cara memasukkan unsur tertentu, agar mempunyai ciri khusus untuk mempersulit usaha-usaha pemalsuan," kata Fajar. 

Fajar juga mengungkapkan bahwa kerja sama senilai Rp15 miliar tersebut mencakup 13 seri Prangko dan Benda Filateli yang akan dicetak Peruri tahun ini. Selain itu, menurut Fajar, desain seri prangko pada 2020 lebih variatif dengan target market kaum milenial. 

"Tema musik, berisi musisi-musisi terkenal. Selain itu, pengembangan prangko pun tengah mencoba teknologi digital berupa augmented reality (AR) menyesuaikan dengan zaman," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta mengungkapkan pencetakan Prangko dan Benda Filateli yang selama ini dilakukan oleh Peruri melalui pesanan dari Pos Indonesia termaktub dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Permen Kominfo RI) No. 21/ 2012 tentang Prangko yang menjelaskan bahwa pencetakan Prangko dilaksanakan oleh Percetakan Sekuriti.

Dalam hal ini Peruri merupakan salah satu BUMN yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.6/2019 memiliki tugas untuk mencetak dokumen negara yang membutuhkan fitur sekuriti guna memenuhi kebutuhan sesuai permintaan instansi yang berwenang.

"Kolaborasi dengan Perum Peruri tentang prangko, dahulu besar karena dahulu penggunaan surat besar, keberadaan internet menulis jadi tak begitu tinggi, surat tergantikan ke email dan pesan singkat," jelasnya, Kamis (27/2/2020).

"Sebagai BUMN kita harus memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan bidang masing-masing. Membangun negeri dan menjadi motor penggerak perekonomian tanah air," lanjutnya.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers