web analytics
  

Biro Perjalanan Keluhkan Penghentian Umrah Sementara ke Arab Saudi

Kamis, 27 Februari 2020 14:47 WIB Dede Nurhasanudin

Suasana Masjidil Haram diambil dari Balcony The Makkah Clock Tower Museum, Makkah, Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Hanni Sofia)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Wabah virus corona membuat Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Penghentian sementara itu ternyata dikeluhkan sejumlah biro perjalanan haji dan umrah karena dinilai merugikan.

Kondisi itu setidaknya diungkapan salah satu pemilik Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Humairaa Wisata Grup (Humairaa.zb), Siti Maesaroh Ia mengatakan, penghentian sementara ibadah umrah yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi telah menghambat perjalanan para jemaah yang telah menyiapkan diri.

AYO BACA : Jemaah Dilarang ke Arab, Travel Umrah Minta Tolong Presiden

"Sangat berdampak, apalagi bagi jemaah umrah yang sudah siap tiket dan siap visa," ungkap dia, Kamis (27/2/2020).

Atas pengentian sementara itu setidaknya satu rombongan jemaah berjumlah 45 orang yang akan berangkat melalui biro milik Siti, bakal tertunda. Kondisi itu menurutnya menjadi permasalahan sendiri bagi agen biro perjalanan yang ia miliki.

AYO BACA : Bamsoet Minta Arab Saudi Kaji Ulang Kebijakan Penghentian Umrah

"Kami sudah memberangkatkan ratusan jemaah umrah dan kini sudah kembali ke tanah air. Tapi masih terdapat satu grup yang keberangkatannya bakal tertunda, sebanyak 45 calon jemaah umrah," kata Siti.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi meminta calon jemaah umrah dari Kabupaten Purwakarta untuk bersabar terhadap kebijakan penghentian sementara umrah ini. Meurutnya, hal itu telah menjadi kebijakan negara Arab Saudi.

"Kebijakan itu berlaku bagi negara lain, tidak hanya Indonesia, dan kami berharap para jemaah bersabar menunggu dibuka kembali visa dari Arab Saudi," ujar Tedi.

AYO BACA : Soal Larangan Umrah, Menko PMK Minta Jemaah Ikhlas

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers