web analytics
  

Miliki Tangan Kering? Berikut 5 Resep Rumahan untuk Lembutkan Tangan

Kamis, 27 Februari 2020 10:22 WIB Vina Elvira

Ilustrasi tangan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --  Bagi para pemilik tangan kering, pasti tahu betapa mengganggunya kondisi tersebut. Permukaan tangan menjadi sangat kasar, dan seperti menimbulkan tekstur keriput. 

Tangan kering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pekerjaan yang kasar, hingga perubahan cuaca di tempat Anda tinggal. Tangan kering ternyata bisa disembuhkan.

Dengan pengetahuan dan pengobatan yang tepat, Anda bisa membuat tangan Anda menjadi lebih halus dan lembab. Melansir dari Stylecraze, Kamis (20/2/2020) berikut lima resep rumahan untuk melembutkan tangan:

1. Vaseline (Petroleum Jelly) 

Vaseline memiliki kandungan baik yang dapat melembabkan tangan Anda. Mengoleskannya secara teratur dapat membuat tangan Anda lebih halus dan lembut. 
Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup oleskan vaseline ke seluruh tangan atau bagian yang kering, lalu diamkan semalaman. 

AYO BACA : Bisa Sembuhkan Luka, Ini 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

2. Minyak Kelapa

Sifat emolien pada minyak kelapa, dapat membantu meningkatkan kelembapan dan meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit. Dengan demikian, mengoleskan minyak kelapa secara teratur membantu membuat tangan Anda lebih lembut.

Anda hanya membutuhkan dua sendok makan minyak kelapa dan sarung tangan bening. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa ke seluruh telapak tangan Anda, lalu pakaikan sarung tangan agar minyaknya tidak menempel ke kasur. Lalu diamkan semalaman atau dua sampai tiga jam. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari. 

3. Oatmeal

Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai scrub alami untuk melembutkan tangan Anda. Oatmeal memang terkenal dapat melembabkan dan meningkatkan fungsi sawar pada kulit.

AYO BACA : 5 Tip dari Pakar Dermatologi untuk Penderita Gatal-gatal Kronis

Oleh karena itu, oatmeal sangat cocok diaplikasikan pada kulit yang super kering. Terlebih lagi, Anda langsung akan merasakan hasilnya sejak pertama kali mencoba scrub alami ini. 

Cara perawatannya pun cukup mudah. Anda hanya membutuhkan dua sendok makan oatmeal dan setengah sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan ke seluruh tangan Anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air. Anda bisa melakukan perawatan ini satu hari sekali. 

4. Kuning Telur

Kuning telur kaya akan kandungan lesitin dan emolien, yang membantu menjaga kelembapan kulit.  Untuk menggunakannya, Anda hanya membutuhkan satu buah telur.

Kocok kuning telur, lalu oleskan ke seluruh tangan Anda menggunakan kuas. Diamkan 10 hingga 15 menit, dan bilas dengan sabun untuk menghilangkan bau amis dari telur. Anda cukup melakukan perawatan ini tiga sampai empat kali dalam seminggu. 

5. Scrub Gula 

Tekstur butiran gula yang kasar, dapat membantu mengangkat sel kulit mati di tangan Anda. Sel kulit mati yang ada di tangan, dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kasar. Oleh sebab itu, scrub gula dapat membantu mengembalikan kelembapan tangan Anda. 

Caranya, cukup siapkan dua sendok makan gula pasir dan setengah sendok makan minyak kelapa. Aduk kedua bahan tersebut lalu gosok secara lembut ke tangan Anda. Setelahnya, jangan lupa untuk memakai pelembab untuk menghindari iritasi pada kulit. Cukup lakukan perawatan ini seminggu sekali saja ya.

AYO BACA : Mau Wajah Glowing Sehat? Ini Tipsnya

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers