web analytics
  

Begini Kondisi Terakhir 3 Pasien Terduga Corona di RSHS

Senin, 24 Februari 2020 16:06 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Begini Kondisi Terakhir 3 Pasien Terduga Corona di RSHS, Kondisi Terakhir, corona rshs, virus corona bandung, virus corona rshs, Corona di RSHS,

Direktur RSHS Nina Susana Dewi (kiri) saat mengungkapkan kondisi terakhir 3 pasien terduga corona di rumah sakit tersebut. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM – Dalam sepekan belakangan, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima 3 pasien yang diduga terpapar virus Covid-19. Ketiga pasien tersebut datang ke RSHS dengan status 'dalam pengawasan', dan dua di antaranya dinyatakan negatif corona.

Direktur RSHS Nina Susana Dewi mengungkapkan kondisi ketiga pasien tersebut saat dirujuk ke RSHS hingga saat ini. Pasien 1, laki-laki (S) 58 tahun, WNI, masuk ke RSHS pada Kamis 20 Februari dirujuk dari RS Advent Bandung karena keluhan sesak napas dan batuk-demam.

AYO BACA : Pohon Khas Kabupaten Bandung Ini Berpotensi Jadi Obat Corona

Pasien diketahui baru datang dari Australia, memiliki riwayat penyakit darah tinggi dan merokok. Dari hasil pemeriksaan Litbangkes Jakarta, S dinyatakan negatif corona.

"Jadi dalam masa inkubasinya dia mendapatkan infeksi flu, panas badan tinggi dan sesak. Sehingga dikirim ke RSHS dan dirawat. Tapi pasien yang pertama ini sudah negatif dan sudah pulang," ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar Senin (24/2/2020).

AYO BACA : Corona di Korsel Melonjak Tajam hingga 161 Kasus dalam Sehari

Sementara itu, pasien kedua, laki-laki (RG) 45 tahun adalah WNI asal Bandung. RG tercatat melakukan perjalanan ke Vietnam dan Thailand dan kembali ke Bandung pada 15 Februari 2020. Dia kemudian datang secara pribadi ke UGD RSGS pada 21 Februari 2020 dengan keluan demam, batuk, pilek dan nyeri otot tanpa sesak napas.

RG juga diketahui memiliki riwayat darah tinggi yang terkontrol obat. Saat ini hasil pengambilan sampel pasien RG masih berada dalam proses pemeriksaan di Litbangkes Jakarta.

"Bila pemeriksaan negatif maka pasien dapat rawat jalan. Kondisi terakhir baik, tidak ada demam, batuk maupun sesak napas," tuturnya.

Adapun pasien ketiga adalah AS, wanita 22 tahun, WNI asal Majalaya. AS diketahui melakukan perjalanan ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. AS kemudian masuk ke ruang isolasi RSHS pada 22 Februari 2020 dengan keluhan sesak napas dan terdapat pneumonia pada foto dadanya.

AS juga mengeluhkan demam dan batuk pilek, namun kondisi tersebut sudah tidak ada ketika masuk RSHS. Hasil pemeriksaan Litbangkes pun menyatakan bahwa AS negatif corona.

AYO BACA : Warga Jepang Positif Corona Sepulang dari Indonesia

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers