web analytics
  

Sereal Bisa Cegah Pikun? Ini Kata Peneliti

Senin, 24 Februari 2020 13:04 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Sereal Bisa Cegah Pikun? Ini Kata Peneliti, Sereal, Pikun, Penelitian,

[Ilustrasi] Sereal. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Serial ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah kehilangan memori dan proses degeneratif.

AYO BACA : Kurangi Risiko Pikun dengan Belajar Banyak Bahasa

Dilansir melalui laman The Ladders, Senin (24/2/2020), kehilangan memori adalah salah satu gangguan kognitif yang paling umum dialami oleh orang yang berusia di atas 65 tahun. Hasil penelitian menyebutkan, hal ini bisa dicegah dengan semangkuk sereal.

AYO BACA : Menyundul Bola saat Anak-anak Sebabkan Pikun?

Para peneliti di Sydney University of Technology baru-baru ini mengungkapkan manfaat buah-buahan, sayuran, dan sereal yang dapat melawan penurunan fungsi tubuh terkait usia. Dengan pertimbangan ini, para peneliti berusaha untuk membedakan nilai preemptive dari kelompok makanan masing-masing dengan individu yang sudah lanjut usia.

Pada usia berapa pun, mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya protein bisa secara signifikan meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kinerja mekanik. Sayangnya, orang lanjut usia sangat rentan terhadap sejumlah penyakit dengan penurunan kognitif bertahap.

Penuaan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Demikian pula, resistensi insulin dan gangguan fungsi pankreas melonjak sehingga mengembangkan diabetes saat memasuki usia lima puluhan.

Dengan semangkuk sereal bisa mencegah timbulnya kehilangan memori dan penyakit jantung komorbiditas. Selain itu, konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya protein juga berkaitan dengan kemungkinan lebih kecil untuk kehilangan ingatan.

AYO BACA : 3 Film Horor yang Bisa Jadi Obat Pikun

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers