web analytics
  
Banner Kemerdekaan

78.999 Terinfeksi Corona di Seluruh Dunia, 2.471 Tewas

Senin, 24 Februari 2020 09:47 WIB

Sebaran Virus corona per 24 Februari. (John Hopskin CSSE)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kini tingkat kasus corona COVID-19 justru lebih banyak di luar Cina, ttempat virus itu berasal, bahkan hingga ke Eropa. Hingga saat berita ini ditulis, laman worldometers.info mencatat sebanyak 78.999 jumlah kasus infeksi virus corona Covid-19 di seluruh dunia.

Sementara, jumlah kasus kematian meningkat hingga 2.471 jiwa, sedangkan yang sembuh 23.596 orang.

Kasus Covid-19 pertama dilaporkan di Irak beberapa waktu lalu. Dan yang mengejutkan adalah melonjaknya jumlah kasus di Korea Selatan, dengan total 602 kasus, dan juga di Italia dengan total 157 kasus.

AYO BACA : RSHS Kembali Tangani 3 Pasien Diduga Terinfeksi Corona

Hal ini menjadikan Korea Selatan sebagai negara dengan kasus terbanyak di luar Cina, dan Italia sebagai negara dengan kasus terbanyak di Eropa dan di luar Asia.

Salah satu kasus yang sedang mendapat sorotan khusus adalah wabah di kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, Jepang.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mengatakan lebih dari setengah kasus corona di luar China terjadi di kapal pesiar Diamond Princess.

AYO BACA : Corona di Korsel Naik 3 Kali Lipat dalam 24 Jam

Ada total 78 warga negara Indonesia (WNI) berada di kapal tersebut sebagai kru kapal. Empat di antaranya terbukti positif Covid-19, sementara 74 orang lainnya direncanakan akan dijemput menggunakan jalur laut.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memaparkan total waktu perjalanan penjemputan memakan waktu 34 hari, termasuk waktu sandar di pelabuhan dan upaya evakuasi.

Meski menyambut baik pilihan evakuasi ke Indonesia, salah satu kru kapal mengatakan putus harapan untuk pulang lebih cepat, seperti yang diakui oleh Sasa, kepada ABC News. Hal ini disebabkan mendengar lamanya proses penjemputan.

"[Dengan jangka waktu selama itu], sama saja dengan kami dikarantina di sini dong. Jika sudah selesai dikarantina di sini, sebenarnya kami juga akan diberi free tiket pesawat dari perusahaan," kata Sasa.

AYO BACA : Warga Jepang Positif Corona Sepulang dari Indonesia

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers