web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Beradu Argumen Ternyata Baik dalam Hubungan Percintaan, Berikut 3 Alasannya

Sabtu, 22 Februari 2020 21:48 WIB Vina Elvira

Ilustrasi adu argumen

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beradu argumen dengan pasangan selalu dianggap hal yang tidak sehat di dalam sebuah hubungan. Tapi tahukah Anda, bahwa beradu argumen dengan pasangan itu dapat memperlancar komunikasi yang lebih baik antara satu sama lain.

Bukan hanya itu, beradu argumen juga bisa membuat hubungan yang Anda jalani menjadi lebih kuat dalam menghadapi pahit manisnya kehidupan. 

Tentu, berargumen membuat Anda lelah dan bisa mengganggu aktivitas Anda sementara waktu. Dan banyak dari kita semua yang tentunya membenci sebuah pertengkaran. Tapi,  berargumen itu memang dibutuhkan untuk mendapatkan komunikasi yang lebih baik antar pasangan. 

Selama tidak berlebihan, wajar kok bila Anda dan pasangan berdebat atau tidak sependapat karena sesuatu. Melansir dari Boldsky, Sabtu (22/2/2020) berikut 3 alasan bertengkar dengan pasangan itu baik:

1. Bicara Jujur dari Hati ke Hati

Pada dasarnya, manusia tidak diberkati kemampuan untuk membaca pikiran orang lain. Oleh karena itu, mengungkapkan perasaan secara jujur kepada pasangan merupakan sebuah keharusan.

Agar kalian berdua terhindar dari kesalahpahaman yang berakibat buruk bagi hubungan. Selain itu, menyembunyikan emosi dan ketidaksetujuan Anda, dapat membuatnya meledak sekali waktu dan membuat keadaan menjadi semakin rumit. 

Ketika Anda beradu argumen dengan pasangan, kemungkinan besar Anda akan berkata jujur dan mengungkaplan apa yang ada di benak Anda. Hal ini akan membuat hubungan Anda menjadi lebih transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

2. Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Berargumen tanpa mendengarkan orang lain merupakan praktik yang tidak sehat. Sebuah pertengaran menjadi buruk, ketika Anda dan pasangan tidak saling mendengarkan satu sama lain.

Hal ini berakibat pada hilangnya rasa saling menghargai, kalian hanya berlomba-lomba memenangkan ego masing-masing. 

Pada dasarnya, setiap manusia itu ingin didengar dan dipahami, utamanya oleh orang terkasih dan percayai. Oleh karena itu, perdebatan atau pertengkaran menjadi baik, ketika kalian saling mendengarkan satu sama lain dan mencoba memahami satu sama lain. 

3. Saling Mendewasakan

Salah satu manfaat terbesar dari beradu argumen adalah, ketika Anda dan pasangan saling mengakui kesalahan dan kekurangan masing-masing. Anda jadi tahu apa yang membuat pasangan kesal dan sebaliknya. 

Dengan demikian, Anda dan pasangan dapat saling membantu dan menjadi lebih dewasa dalam menjalani setiap masalah di dalam hubungan. Selain itu, Anda juga belajar untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan berhati besar. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers