web analytics
  

Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tasik Tunggak Pajak

Sabtu, 22 Februari 2020 20:42 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tasik Tunggak Pajak, Kendaraan tasik tunggak pajak,pajak kendaraan tasik

Ilustrasi pajak

TASIK, AYOBANDUNG.COM – Sedikitnya 437 kendaraan dinas Pemkot Tasikmalaya diketahui menunggak pajak. Jumlah itu, merupakan sebagian dari 46.300 kendaraan bermotor di Kota Tasikmalaya tidak membayar pajak.

Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) Wilayah Kota Tasikmalaya, Badan Pendapatan Daerah  (Bapenda) Jabar, Ida Widiastuti menuturkan, kendaraan roda dua merpuakan jenis kendaraan yang mendominasi penunggakan pajak dengan jumlah 42.512 unit. Sementara roda empat sebanyak 3.788 unit.

“Kita gencar lakukan operasi gabungan, dan penelurusan hingga ke rumah penunggak pajak. Kalau melihat target itu senilai Rp135 miliar lebih," kata Ida kepada wartawan, Sabtu (22/2/2020).

Ida menambahkan, alasan para penunggak pajak itu karena mereka belum memiliki uang cukup untuk membayar pajak. Selain itu, kendaraan sudah berpindah tangan menjadi alasan lain melakukan penunggakan pajak.

Dihubungi terpisah, Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir kendaraan pemkot Tasikmalaya yang belum melakukan pembayaran pajak.

Inventarisasi kendaraan dinas yang pajaknya belum dibayar perlu dilakukan, karena banyak kendaraan dinas yang sudah lama tidak beroperasi dan masuk pada tahap lelang.

"Kami sedang inventarisi yang belum bayar pajaknya, kami akan membayar tunggakan pajak sesuai dengan data dari Bapenda Jabar. Saat ini masih mengumpulkan data," kata Ivan. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers