web analytics
  

Kepala DPMD: Lapor Polisi Saja Kalau Ditemukan Money Politic

Sabtu, 22 Februari 2020 15:50 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Kepala DPMD: Lapor Polisi Saja Kalau Ditemukan Money Politic, Pilkades cianjur, politik uang, serangan fajar, pelanggaran pilkades cianjur,

Kepala Dinas PMD Kabupaten Cianjur Ahmad Danial. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Cianjur akan berlangsung pada Minggu (23/2/2020). Jika pada pelaksanaannya masyarakat menemukan praktik serangan fajar dengan membagikan uang, silakan lapor pada aparat hukum.

“Laporkan saja pada polsek atau polres kalau ada yang membagikan uang atau biasa disebut serangan fajar dengan membagikan uang, tapi tentu saja dengan saksi dan bukti,” ujar Danial pada Ayobandung.com, Sabtu (22/2/2020).

Danial menjelaskan, praktik politik uang ini masuknya ke pidana umum sehingga bisa diproses secara hukum kepada aparat hukum.

“Iya, laporkan saja ke aparat hukum karena ada jual beli suara dengan uang,” ujarnya.

Meski dilaporkan, calon kades tidak langsung gugur. Proses pelaksanaan pilkades tetap berjalan, sekalipun yang dilaporkan itu memenangkan pilkades.

“Tidak terpengaruh hasil pilkades, semuanya tergantung dari hasil amar putusan pengadilan negeri tentang yang dilaporkan,” katanya.

Sementara itu, berkenaan dengan pelanggaran administrasi dan proses pelaksanaan selama pilkades, silakan lapor ke panitia pilkades.

“Nantinya panitia akan memberikan sanksi administrasi, tapi kalau yang dilaporkan itu menang, tidak menggugurkan kemenangan,” ucapnya.

Pihak penggugat juga bisa melaporkan pelanggaran pilkada atau pelanggaran administrasi bisa melaporkan ke Pengadilan Tata Usaga Negara (PTUN).

“Biasanya kan prosesnya lama persidangan itu, tetapi dalam gugatan itu si kades itu dilantik, maka yang digugat itu adalah SK bupati dan dalam sidang dimenangkan penggugat, maka dibatalkan pelantikannya,” tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers