web analytics
  

5 Cara Merawat Diri dengan Budget Murah

Selasa, 18 Februari 2020 15:22 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 5 Cara Merawat Diri dengan Budget Murah, cara merawat diri, kesehatan diri, kesehatan mental, merawat diri buget pas-pasan

Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seiring masifnya penggunaan media sosial instagram, kini konsep perawatan diri kerap diartikan sebagai kegiatan ekstra untuk menghabiskan banyak uang. Seperti berbelanja barang mahal, perawatan wajah di salon kecantikan, serta berlibur ke tempat mewah.

Padahal, konsep awal dari perawatan diri tak melulu soal fisik dan materi semata. Melainkan cara Anda untuk mencintai diri sendiri.

"Konsep dari perawatan diri telah benar-benar menyimpang dari niat awal, dan menjadi meme bagi dirinya sendiri," ujar psikoterapis Kathleen Dahlen deVos, dilansir dari huffpost, Kamis (13/02/2020).

Sebenarnya, ada banyak cara merawat diri sendiri dengan murah bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun! Berikut ulasannya:

1. Bersihkan dan Tata Rapih Tempat Tinggal Anda

Ketika ruang tidur atau meja kantor berantakan, hal tersebut bisa mengganggu kondisi mental Anda, dan membuat Anda merasa lebih stres, cemas, dan kewalahan.

AYO BACA : Gaya Hidup Minim Plastik, Strategi Meminimalisasi Sampah Penyebab Banjir

Oleh karenanya, luangkan waktu untuk membersihkan tempat Anda tinggal maupun bekerja. Hal tersebut bisa menjadi tindakan mencintai dan merawat diri sendiri. Baik secara fisik maupun mental.

2. Kurangi Waktu Penggunaan Media Sosial

Menyelami media sosial selama berjam-jam tidak hanya membuang waktu berharga Anda, tapi juga berkaitan dengan menurunnya tingkat kepercayaan diri, gangguan tidur, dan ketakutan berlebih bila tertinggal informasi.

Fitur screen time pada handphone, bisa dijadikan sebagai alat  untuk membantu Anda memantau dan mengurangi penggunaan media sosial sehari-sehari.

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan notifikasi pada beberapa aplikasi serta menyembunyikan aplikasi di dalam folder yang tidak terlihat di layar handphone Anda.

3. Miliki Durasi Tidur yang Cukup

AYO BACA : Begini Agar Hidup Bebas Sakit

Berusaha untuk memiliki waktu tidur 7 - 9 jam, dapat membuat perbedaan besar dalam hal kesejahteraan diri Anda.

Tidur nyenyak secara konsisten memberikan banyak manfaat bagi fisik dan mental, seperti kekebalan tubuh menjadi lebih baik, suasana hati bagus, dan kinerja lebih optimal di tempat kerja.

4. Luangkan Waktu Bertemu Orang Terkasih

Media sosial merupakan cara komunikasi yang efektif. Tetapi, sebagai manusia tentu kita membutuhkan lebih banyak interaksi secara langsung dengan sesamanya.

Caranya mudah, ajak teman maupun partner Anda untuk berjalan-ajalan, bisa juga luangkan waktu dengan keluarga tercinta di rumah.

5. Investasikan Waktu Pada Hobi

Tuntutan pekerjaan, keluarga, dan kewajiban lainnya menghabiskan sebagaian besar waktu dan energi Anda. Terkadang, hal tersebut hanya menyisakan sedikit ruang dan waktu untuk kegiatan yang benar-benar Anda sukai.

Cobalah luangkan sisa waktu yang Anda punya untuk kegiatan yang Anda sukai, seperti nonton film, memasak, maupun melukis.

AYO BACA : Kulit Mengendur saat Usia 25 Tahun, Silakan Coba Perawatan Ini

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers