web analytics
  

4 Alasan Mencoba Olahraga Trail Running

Selasa, 18 Februari 2020 09:05 WIB Vina Elvira

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Trail running merupakan jenis olahraga lari yang dilakukan di alam bebas. Para pelaku olahraga ini, memilih tempat lari bukan di trek biasa, melainkan berlari sembari menyusuri pegunungan, hutan, bukit, dan medan tak biasa lainnya.

Secara sederhana, trail running bisa diartikan sebagai jenis perpaduan antara olahraga mendaki dan lari, dengan medan berupa trek hiking.

Apakah Anda tahu, bahwa trail running memiliki banyak manfaat,  baik untuk fisik maupun fisik seseorang. Dilansir dari theguardian, Sabtu (15/2/2020) berikut 4 alasan bagi Anda untuk mencoba olahraga trail running:

1. Lebih Menyenangkan
Trail running lebih menarik dibandingkan dengan lari di trek jalan biasa. Sebab, medan larinya pun beragam, dan tidak akan pernah mambuat Anda bosan.

Berada di tengah kemegahan alam mampu membangkitkan semangat, dan membuat Anda relax, serta membantu melupakan semua beban Anda untuk sejenak.

2. Tidak Kompetitif
Trail running membuat Anda bisa berhenti melihat waktu. Tergantung di mana Anda berlari, satu mil dapat membawa Anda enam menit, atau setengah jam.

3. Latihan yang Lebih Baik
Ketika melakukan trail running, Anda dituntut untuk menggunakan variasi otot yang lebih luas.Paha depan saat Anda berlari menanjak atau paha belakang saat Anda turun.

4. Sarana Bersosialisasi
Ketika berlari di alam bebas, waktu terbaik adalah pergi bersama seseorang maupun teman sejawat.

Rencanakan rute yang memiliki kawasan wisata menarik juga temukan tempat yang belum banyak terjamah oleh manusia, seperti di pedesaan atau hutan.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers