web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Melipir ke Jalan Suryakencana Untuk Menikmati Lumpia Basah Khas Jawa Barat

Senin, 17 Februari 2020 13:34 WIB Netizen Rifa Uulal Ilmi

Salah satu pedagang lumpia basah di Jalan Rangga Gading, Suryakencana, Bogor, sedang menyiapkan beberapa lumpia basah untuk pelanggan. (Rifa Uulal Ilmi)

AYOBANDUNG.COM – Siapa yang tak kenal lumpia? Ya, lumpia merupakan salah satu penganan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kudapan ringan ini juga biasa dijadikan cemilan di rumah maupun dalam berbagai acara.

Dilansir dari Wikipedia, lumpia adalah sejenis jajanan tradisional Tionghoa dan berasal dari lafal Bahasa Hokkian. Mungkin biasanya kita mengenal lumpia berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Tapi ternyata beberapa kota memiliki “lumpia”-nya masing-masing dengan ciri khas dan keunikannya sendiri.

Salah satunya lumpia basah yang sangat khas di Jawa Barat. Sebagian ada yang menyebut lumpia ini berasal dari kota kembang, Bandung. Tapi sebagian lainnya, ada yang menyebut lumpia basah berasal dari kota hujan, Bogor. Terlepas dari asal usulnya, lumpia basah memiliki ciri khas tersendiri, terutama dalam pembuatan dan penyajiannya yang berbeda dengan lumpia pada umumnya.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Cilok Mochilok, Bikin Ketagihan

Jika biasanya kita kenal lumpia dengan isian rebung, udang, dan renyah saat dimakan, maka berbeda dengan lumpia basah yang diisi dengan campuran tauge, bengkuang, telur, dan dibalut dengan kulit lumpia mentah yang dibentuk seperti bantal dan disajikan diatas daun pisang. Kita bisa menikmatinya dengan merobek kulit lumpia tersebut.

Lumpia basah bisa kita temui di beberapa daerah di Bandung, seperti Dago, Buah Batu, dan beberapa daerah lainnya. Tapi, untuk warga Bogor juga bisa langsung mampir ke Jalan Suryakencana, yang memang terkenal dengan pusat kulinernya. Ada beberapa pedagang lumpia basah yang bisa kita temui, dan sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Salah satunya yang ada di Jalan Rangga Gading, tak jauh dari STIE Kesatuan, yang tak sepi pelanggan. Pembeli yang datang juga dari berbagai kalangan, mulai yang muda sampai yang tua. Bahkan tak sedikit pembeli yang datang, memang sudah biasa membeli disini.  

AYO BACA : KULINER BANDUNG: Uniknya Lumpia Sale Pedas dengan Taburan Bayam

Salah satunya Dwi, 23 tahun, warga Bogor yang ditemui Minggu (9/2/2020). Dia mengaku cukup sering membeli lumpia basah di dekat swalayan Ngesti ini.

“Lumayan sering sih, karena udah nyoba yang lain juga, tapi baliknya kesini lagi. Lebih enak aja kalau yang ini, kalau buat aku sih,” ujar Dwi.

Selain itu, lumpia basah akan lebih nikmat jika langsung dimakan saat masih panas. Tak sedikit pula pembeli yang meminta untuk makan langsung di tempat.

Lumpia basah di Jalan Rangga Gading ini dipatok dengan harga tujuh ribu rupiah per porsinya, dan buka mulai dari jam 07.00-15.00 WIB.

Jadi bagi kalian yang mau mencicipi lumpia basah khas Jawa Barat ini, bisa langsung datang ke Jalan Rangga Gading, Suryakencana, Bogor. Yuk kita lestarikan kuliner khas daerah, agar anak cucu kita nanti masih bisa merasakan langsung, bukan sekedar mendengar cerita.

Rifa Uulal Ilmi, Seorang pekerja lepas, berdomisili di Jakarta Barat. Hobi bermain musik dan menulis seputar gaya hidup.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Enaknya Lumpia Basah Kwetiau

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

artikel lainnya

dewanpers