web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Musim Hujan, Waduk Jatiluhur Mulai Dipenuhi Eceng Gondok

Jumat, 14 Februari 2020 15:22 WIB Dede Nurhasanudin

Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta mulai dipenuhi eceng gondok di musim hujan. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Keindahan Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta sedikit tergangu dengan menjamurnya eceng gondok yang tumbuh di sekitar perairan. Tumbuhan yang dianggap gulma itu mulai memenuhi di sejumlah titik pada musim penghujan ini. 

AYO BACA : Bertemu Emil, Bupati Anne Minta Akses Gerbang Tol Tambahan di Purwakarta

Direktur Utama Jasa Tirta II U Saefudin Noer menanggapi fenomena menjamurnya eceng gondok di wilayah wisata Waduk Jatiluhur.

AYO BACA : Hujan Deras, Kampung di Purwakarta Ini Diterjang Longsor Batu Besar

Menurutnya, tumbuhnya eceng gondok di perairan Waduk Jatilihur merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya. Kondisi ini terkadang tidak dipahami sebagian masyarakat dan dianggap menjadi persoalan.

"Desember memang eceng gondok posisinya di atas Saguling dan Cirata. Lalu, Januari kemudian berpindah seiring air mengalir dan ada air meningkat hingga ikut terbawa," ungkap dia, Jumat (14/2/2020).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembersihan dengan menerjunkan sejumlah alat yang dapat digunakan. Di samping itu, pihaknya juga akan mengajak masyarakat yang bersedia bekerja sama menjaga alam.

"Bukan dibiarkan karena memang harus menunggu waktu yang tepat. Februari dan Maret waktu yang tepat mengangkat eceng gondok. Kami sebelumnya telah mengangkat eceng gondok di Bendungan Walahar, karena itu telah menjadi program kami untuk kampanyekan kebersihan sungai," ujar dia.

AYO BACA : Hilang Kendali di Jalan Berlubang, Warga Purwakarta Tewas Terlindas Truk

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers