web analytics
  

Bebas dari Corona, WNI di Natuna Akan Dipulangkan ke Rumah Besok

Jumat, 14 Februari 2020 09:54 WIB
Umum - Nasional, Bebas dari Corona, WNI di Natuna Akan Dipulangkan ke Rumah Besok, virus corona, virus corona cina, virus di cina, penyakit menular di cina, bandara husein sastranegara, Wuhan, corona di indonesia, wni corona natuna, wni di natuna

Ilustrasi (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah menyatakan, sebanyak 238 WNI dari Provinsi Hubei yang tengah diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, dalam keadaan sehat dan tak terindikasi tertular virus korona baru (Covid-19). Oleh karena itu, mereka dijadwalkan pulang ke kampung halaman masing-masing pada Sabtu (15/2/2020).

"Mereka yang diobservasi dan diperiksa medis, insya Allah semua sehat. Tinggal kita siapkan agar keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat mereka tinggal serta mau menerima kepulangannya" ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan, Kamis (13/2).

AYO BACA : Dampak Virus Corona terhadap Ekonomi Akan Terlihat di Kuartal II

Ia menyatakan kepulangan itu sehubungan tak ada yang tertular Covid-19 setelah dua pekan masa inkubasi setibanya di Indonesia pada 2 Februari lalu. Evakuasi terhadap 238 WNI yang kebanyakan mahasiswa itu dimulai pada 31 Januari lalu. Selain dari Wuhan, para WNI itu juga tersebar di empat wilayah di Hubei lainnya.

Empat WNI menolak ikut dalam evakuasi dan tiga lainnya tak lolos saat diperiksa suhu tubuhnya. Para WNI itu berasal dari 29 provinsi, terbanyak dari Jawa Timur (65 orang), kemudian Kalimantan Timur (15), Jawa Barat dan Aceh masing-masing 13 orang, Sulawesi Selatan (10), serta Jawa Tengah (9).

AYO BACA : Data Terbaru, 1.490 Orang Tewas Akibat Corona COVID-19

Sebelum dipulangkan, para WNI itu akan dilepas secara adat oleh masyarakat setempat. “Ada rencana untuk bawa mereka keliling dulu, karena kan selama diobservasi mereka belum lihat-lihat Natuna," kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Natuna, Kamis.

Ia mengatakan, Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dijadwalkan menghadiri pelepasan WNI tersebut. "Beliau-beliau akan berangkat dari Jakarta paginya bersama pesawat yang akan membawa (mereka) pulang," kata Yurianto.

Menurut dia, pada tengah hari, Sabtu (15/3), para WNI akan menjalani pemeriksaan akhir sebelum meninggalkan Natuna. Selepas itu, mereka akan diterbangkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat Hercules atau Boeing 737 karena penerbangan sipil dari Bandara Ranai di Natuna terbatas. Mereka selanjutnya akan diserahkan ke pemerintah daerah serta keluarga masing-masing.

AYO BACA : Corona Hambat Impor Bahan Baku Industri Sepatu Cibaduyut

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers