web analytics
  

Longsor Sodonghilir Tasikmalaya Tutup Akses Jalan Dua Desa

Jumat, 14 Februari 2020 09:36 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Longsor Sodonghilir Tasikmalaya Tutup Akses Jalan Dua Desa, longsor tasikmalaya, ayotasik, tanah longsor, tasikmalaya hari ini, berita tasik

Ilustrasi longsor. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras yang mengguyur Tasikmalaya dalam dua hari terakhir menyebabkan tebing di Kampung Cigugur, Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir, longsor, Kamis (14/2/2020) sekitar pukul 16.40 WIB.

AYO BACA : Tasikmalaya Punya Program Pelayanan Kependudukan 'Pelakor'

Akibatnya, akses jalan penghubung antara Desa Sukabakti dengan Desa Cukang Jayaguna tertutup material longsor yang berupa tanah merah, bebatuan, dan pepohonan. Warga pun terpaksa memutar arah dengan memakan waktu lebih panjang.

AYO BACA : Dilalui Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, 4 Desa Tasik Diminta Waspada Broker Tanah

Safrudin (44) warga setempat mengatakan, longsor tebing setinggi lebih dari 10 meter itu terjadi setelah wilayahnya diguyur hujan lebat selama lebih dari dua jam. "Hujan gede, ada suara gemuruh dan pas diliat sama warga tebing longsor. Karena takut warga terpaksa keluar rumah, " paparnya, Jumat (14/2/2020).

Kepala Desa Sukabakti Nandang Suryana menambahkan, dari pantauan di lapangan, sedikitnya ada 6 titik longsor di Desa Sukabakti. Longsor tebing itu diduga akibat tanah labil karena diguyur hujan lebat.

"Ada yang nyaris menimpa rumah, mengancam masjid dan madrasah. Serta menutup akses jalan yang satu bulan lalu sempat longsor juga," jelas Nandang.

Nandang menambahkan, pihaknya pun sudah mengeluarkan imbauan agar warga waspada terjadinya longsor, karena diprediksi hujan akan kembali turun dalam sepekan ke depan. 

AYO BACA : Murid SDN 3 Cigorowong Tasik Belajar di Tenda Darurat

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers