web analytics
  

4 Dampak Patah Hati yang Harus Kamu Tahu!

Jumat, 14 Februari 2020 08:43 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, 4 Dampak Patah Hati yang Harus Kamu Tahu!, Patah Hati, dampak patah hati, sakit hati, putus cinta, pacaran, hari valentine, ucapan valentine,

[Ilustrasi] Patah hati. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Patah hati tak sama dengan jatuh hati. Keduanya berbeda makna.

Orang yang awalnya jatuh hati, terkadang tak siap jika kelak hatinya patah. Akibatnya pun bisa jadi tak biasa.

Menurut medis, ketika patah hati, ada 4 dampak yang melanda otak dan tubuh. Melansir dari Medical Daily, berikut daftarnya.

1. Ada perasaan sakit fisik

AYO BACA : Yoga Bisa Obati Patah Hati, Lho!

Studi menemukan bahwa ada area di otak manusia yang aktif ketika patah hati. Tubuh seolah menipu seseorang untuk merasakan bahwa hati mereka seolah-olah hancur. Pdahal hal ini tidak benar-benar terjadi.

2. Kepala dan hati mengirim pesan yang berbeda

Kepala dan hati tampaknya memiliki pendapat yang berbeda ketika berurusan dengan putus cinta. Kepala memberitahu seseorang bahwa mungkin semua kerja keras akan sia-sia pada akhirnya.

Otak akan mempertimbangkan alasan bahwa perpisahan itu adalah sebuah pengalaman positif atau negatif.

AYO BACA : Mengenal Sindrom Patah Hati yang Bikin Stres

3. Tingkat stres meningkat

Perpisahan dari sebuah hubungan menyebabkan peningkatan kortisol. Hal ini dikenal sebagai hormon stres yang berdampak mengerikan dan bisa memengaruhi metabolisme, tekanan darah, dan mental negatif.

4. Emosi menjadi tidak terkendali

Kemarahan dan kesedihan adalah emosi utama setelah dan selama perpisahan. Kemarahan mendorong orang-orang yang patah hati untuk bergerak maju dan memeriksa situasi.

Sementara itu, kesedihan membantu orang untuk mengetahui apa sebenarnya arti dari perpisahan. Emosi ini juga membantu orang yang patah hati menemukan sesuatu yang berharga tentang dirinya sendiri.

AYO BACA : 8 Tanda Remaja Akan Bunuh Diri

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers