web analytics
  

Pemkot Bogor Bakal Bangun Kampung Santri

Selasa, 11 Februari 2020 06:28 WIB

Wali Kota Bogor Bima Arya (Republika)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beberapa di antaranya dengan melakukan penataan kawasan wisata dan memperbanyak kampung tematik.

Di Kecamatan Bogor Barat, Pemkot Bogor berencana membangun Kampung Tematik Santri, Kampung Tematik Sunda dan pengembangan Situ Gede  menjadi kawasan agro wisata. 

Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih menjelaskan, pihaknya akan membangun Kampung Santri di Kelurahan Loji. Sedangkan, Kampung Sunda akan dibangun di Pegantongan, Kelurahan Balungbangjaya. "Di Kelurahan Bubulak juga akan dibangun Kampung Lauk,” kata Esti, Senin (10/2).

Dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang dilakukan pada, Jumat (7/2) Esti juga menyampaikan keinginannya untuk menata kawasan Bogor Barat. Dia menjelaskan keinginannya untuk mengembangkan Situ Gede menjadi agrowisata.

“Mudah-mudahan Situ Gede ini akan menjadi kawasan wisata yang terintegrasi dengan kawasan di sekelilingnya yang nantinya akan menjadi ekowisata kebanggaan Kota Bogor khususnya warga Kecamatan Bogor Barat,” ungkap mantan Kepala BPBD Kota Bogor ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, kawasan Situ Gede diharapkan menjadi destinasi wisata yang menarik. Sehingga, banyak wisatawan yang berdatangan dan memberi manfaat terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Insya Allah tahun ini ada kegiatan yang cukup strategis untuk penataan kawasan Situ Gede yang bantuan anggarannya dari Provinsi," ucap Bima.

Nantinya, di Situ Gede akan dibangun jalur olahraga. Tak hanya itu, Bima mengungkapkan, di area Situ Gede akan menjadi pilot project Kampung Lauk.

Namun, Bima mengungkapkan, fasilitas penunjang seperti akses masuk kawasan Situ Gede juga harus dilakukan penataan. Pasalnya, di area tersebut masih terlalu sempit. Oleh karena itu, Bima mengatakan, akan mengupayakan untuk melakukan perluasan akses.

“Mudah-mudahan bisa, supaya bisa kita perluas akses jalannya. Jalan masuknya mudah-mudahan bisa segera, tahun ini,” paparnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers