web analytics
  

Mengintip Kegiatan Seru Komunitas Mahasiswa Jawa di Kampus UPI

Jumat, 7 Februari 2020 13:40 WIB
Gaya Hidup - Komunitas, Mengintip Kegiatan Seru Komunitas Mahasiswa Jawa di Kampus UPI, Komunitas mahasiswa Jawa, Keluarga Mahasiswa Jawa Bumi Siliwangi (RAJAWALI), UPI, komunitas bandung

Keluarga Mahasiswa Jawa Bumi Siliwangi (RAJAWALI) UPI. (dok. RAJAWALI)

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM – Tidak hanya di dalam kelas, ilmu pengetahuan dan keterampilan juga bisa didapatkan kapan dan di mana saja. Hal tersebut yang dirasakan para mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Jawa Bumi Siliwangi (RAJAWALI) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

RAJAWALI sudah lama menjadi wadah mahasiswa Jawa UPI untuk mengasah bakat dalam bidang seni, manajemen, maupun olahraga. Komunitas yang berdiri sejak tahun 2011 ini memang sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Wakil Ketua RAJAWALI peride 2019-2020 Ananda Gilang (20) menjelaskan kepada Ayobandung.com, Jumat (7/2/2020), tentang kegiatan apa saja yang sering diadakan RAJAWALI. Yuk intip keseruannya.

1. Main permainan tradisional Jawa dalam Home Tour

Whats-App-Image-2020-02-07-at-13-03-39

Home Tour RAJAWALI. (Dok. RAJAWALI)

Home Tour merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap 3 bulan sekali. Dalam kegiatan ini, para anggota akan memainkan permainan tradisional Jawa. Selain untuk melestarikan permainan-permainan tersebut, kegiatan ini juga mengandung unsur silaturahmi dan olahraga.

“Aku seringnya ikut home tour karena acaranya hari minggu, terus enak sih bisa olahraga sama main-main juga”, Jelas Risa Prihatini (19), anggota aktif RAJAWALI.

 

2. RAJAWALI Festival

AYO BACA : Komunitas Mahasiswa Jawa UPI Bikin Perantau Serasa di Rumah

IMG-6199

RAJAWALI Festival. (Dok. RAJAWALI)

RAJAWALI Festival digelar setahun sekali dan merupakan acara akbar dari komunitas ini. Dalam festival ini, para anggotanya akan menyuguhkan beragam atraksi kesenian seperti tari, drama, dan kolaborasi penampilan dengan komunitas lainnya.

“Aku jurusan olahraga, bisa nari karena di RAJAWALI. Diajarin banyak tarian khususnya di RAJAWALI Fest ini,” tutur Dea Kusuma (21), anggota aktif RAJAWALI.

 

3. RAJAWALI Futsal Competition

MG-9967

RAJAWALI Futsal Competition. (Dok. RAJAWALI)

Untuk menjalin silaturahmi dalam ruang lingkup yang lebih luas, RAJAWALI mengadakan turnamen futsal yang diikuti mahasiswa Jawa se-Bandung Raya. Acara ini pertama kali digelar di penghujung 2019.

Tidak hanya belajar tentang olahraga futsal, para anggota komunitas juga belajar mengenai manajemen dan kerja sama.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers