web analytics
  

Tingkatkan Konsenstrasi seperti Kopi, Lakukan Hal Ini Setiap Pagi

Rabu, 5 Februari 2020 15:15 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Tingkatkan Konsenstrasi seperti Kopi, Lakukan Hal Ini Setiap Pagi, Kopi, Konsenstrasi, fokus, joging, Ini Setiap Pagi

[Ilustrasi] Berjalan 20 menit setiap hari. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Selain mengonsumsi kopi, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi, yakni berjalan selama 20 menit setiap pagi.

Menurut sebuah penelitian dari Western University dan University of British Columbia, berjalan selama 20 menit dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan otak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Nature Scientific Reports pada Desember 2019 dilakukan terhadap 59 orang yang berusia 18 hingga 40 tahun.

AYO BACA : 5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Fokus dan Fungsi Otak

Peneliti membagi mereka ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok yang melakukan joging ringan atau jalan cepat di treadmill selama 20 menit, kelompok yang hanya mengonsumsi kopi sebanyak mungkin, dan kelompok yang melakukan keduanya.

Setelah peneliti memberi peserta sebuah tes, hasilnya menunjukkan baik olahraga maupun kafein dapat meningkatkan keakuratan peserta (20%) dalam dibandingkan dengan skor awal mereka. Selain itu, keduanya membantu membuat peserta lebih efisien, tajam, dan akurat.

Studi ini juga menunjukkan, sebenarnya orang yang terbiasa minum kopi akan lebih fokus dan waspada setelah berolahraga, bukan setelah minum kopi. Hal tersebut karena kemungkinan mereka sudah tidak dapat lagi terpengaruh dengan efek kafein yang disajikan (sekitar 80 miligram).

AYO BACA : Sulit Konsentrasi Tanda Anak Alami Disabilitas Psikososial?

Sebaliknya, orang yang jarang minum kopi akan mengalami sedikit dorongan setelah mengonsumsi kopi. Artinya, orang ini menjadi lebih sensitif terhadap efeknya.

Di sisi lain, studi ini menemukan olahraga (aerobik selama 20 menit) dapat mencegah gangguan mental dan gejala lain dari kafein, kata peneliti yang dilansir Insider. Artinya, olahraga meringankan gejala penarikan kafein, seperti kelelahan, lesu, dan kurang fokus.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, kafein bisa membuat ketagihan. Dengan begitu, gejala penarikannya bisa makin parah pada orang yang terbiasa minum kopi secara teratur.

Meskipun temuan ini adalah bukti yang menjanjikan bahwa olahraga bisa sama efektifnya dengan kopi dalam meningkatkan kewaspadaan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah dan intensitas olahraga yang dapat mempengaruhi otak.

AYO BACA : 4 Brand Kopi Legendaris Khas Bandung

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers