web analytics
  

Tiap Dua Pekan, Pemerintah Evaluasi Dampak Corona Terhadap Perekonomian

Rabu, 5 Februari 2020 10:46 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah akan mengevaluasi dampak virus corona terhadap perekonomian setiap dua pekan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu masih di atas lima persen.

"Corona baru terjadi pada 2020 jadi tidak menganggu 2019 jadi ada waktu (berdampak). Pertumbuhan ekonomi 2019 di atas 5 persen," ujarnya usai acara Mandiri Investment Forum 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (5/2).

AYO BACA : Ini Daftar Virus Internet yang Menyamar Jadi Imbauan soal Corona

Airlangga menjelaskan virus corona akan berdampak pada sektor pariwisata karena turis Cina yang datang ke Indonesia mencapai dua juta wisatawan. Nantinya pemerintah Indonesia akan mengevaluasi dampak virus tersebut setiap dua mingguan.

"Adanya travel warning, menyetop turis dari Cina maka akan ada dampaknya," ucapnya.

AYO BACA : Alkohol Bisa Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan Pakar

Airlangga juga menyebut virus corona berdampak sektor farmasi. Hal ini karena ada beberapa komponen yang didatangkan dari Cina.

"Sekarang mereka relatif panjang liburnya sampai pertengahan Februari, kita masih monitor perkembangan berikutnya karena value chain akan terganggu karena mereka menyetop produksi sementara," jelasnya.

Namun, Airlangga memastikan virus Corona tidak akan menganggu sektor otomotif. Sebab, sebagian besar komponen otomotif Indonesia tidak didatangkan dari Cina.

"Kalau ke manufaktur kaitannya bahan baku, tapi di Wuhan pusatnya otomotif tapi otomotif Indonesia basisnya bukan dari Cina jadi dampaknya relatif kecil," ucapnya.

AYO BACA : Pakar Klaim Virus Corona Bisa Menulari Hewan Peliharaan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers